Timika (ANTARA News) - Masjid Agung Babussalam Timika, Papua, dipadati jamaah yang mengikuti shalat Isya dan shalat Tarawih pada malam pertama Ramadhah 1438 Hijriah, Jumat malam.

Ketua DKM Masjid Agung Babussalam Timika Ustadz Akhir Iribaram mengatakan jajarannya akan mendatangkan sejumlah imam dan penceramah dari luar Papua untuk mengisi siraman rohani selama bulan Ramadhan.

Dua ustadz diundang ke Timika untuk memimpin ibadah dan ceramah selama bulan ramadhan di Masjid Agung Babussalam tersebut yakni Ustadz Al Hafidz Muhammad Sahal Amin Abdullah yang akan bertindak sebagai imam. Sementara Ustadz Dr H Abdul Wahid Haddade akan bertindak sebagai penceramah pada 10 hari awal ramadhan.

"Ya, kami mengundang dua ustadz dari luar Papua untuk menjadi imam dan penceramah selama bulan ramadhan. Kami berharap bulan puasa ramadhan tahun ini benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh umat Islam di Kabupaten Mimika untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Kami juga mohon dukungan dari seluruh warga Mimika terutama dari saudara-saudara Nasrani (Katolik dan Protestan), Hindu, Budha dan lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama umat Islam menjalankan ibadah puasa ramadhan," harap Iribaram.

Berdasarkan pantauan di Masjid Agung Babussalam Timika, Jumat malam, jamaah yang hadir mengikuti shalat Isya dan shalat Tarawih pada malam pertama Ramadhan tahun ini sangat banyak.

Selain dalam masjid, jamaah lainnya mengikuti shalat di luar masjid.

Aparat keamanan dari TNI-Polri tampak berjaga di kedua sisi Jalan Ki Hajar Dewantara, tepat di depan Masjid Agung Babussalam.

Sementara panitia dan petugas pengamanan internal sibuk mengatur parkir kendaraan jamaah.

Penentuan awal ramadhan tahun ini dilakukan melalui pemantauan hilal pada 84 titik yang tersebar di 33 provinsi seluruh Indonesia.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017