Sejauh ini, program itu berjalan sesuai rencana. Nyaris tidak ada kendala.
Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) menyatakan sampai Rabu, ada 4.460 pelanggan yang menambah daya listrik melalui program "Listrik di Bulan Berkah 2024" yang dimulai pada awal Ramadhan 1445 Hijriah.

"Sejauh ini, program itu berjalan sesuai rencana. Nyaris tidak ada kendala," ujar Asisten Manajer Komunikasi dan Manajemen Stakeholder PLN UID Sumut Yudhistira, di Medan, Rabu.

Yudhistira melanjutkan, program tersebut dijalankan sepenuhnya dengan aplikasi PLN Mobile supaya prosesnya lebih transparan dan bertanggung jawab.

Dengan demikian, masyarakat pun terhindar dari praktik penipuan oleh oknum yang mengiming-imingi penambahan daya di luar jalur resmi.

"Semua layanan PLN sudah terdigitalisasi. Jadi kami pun mengimbau masyarakat agar menggunakan PLN Mobile untuk menambah daya demi menghindari oknum tidak bertanggung jawab yang bisa saja memainkan harga," kata Yudhistira.

Dia menambahkan, di Sumut satu-satunya yang menjadi kendala program Listrik di Bulan Berkah 2024 adalah belum dekatnya banyak masyarakat dengan digitalisasi.

Untuk itu, Yudhistira menegaskan bahwa PLN UID Sumut terus melakukan sosialisasi. Hal tersebut dianggap penting lantaran saat ini semua transaksi PLN sudah melalui layanan digital.

"Dengan digitalisasi, masyarakat tidak lagi terjebak dengan pola lama seperti adanya calo," ujar dia lagi.

Pada 13 Maret 2024, PT PLN (Persero) mengumumkan pelaksanaan program Listrik di Bulan Berkah 2024 yang membuat pelanggan cuma perlu membayar biaya tambah daya dari 450 volt ampere (VA) menjadi daya 5.500 VA sebesar Rp202.403.

Pada harga normal, biaya tambah daya dari 450 VA ke 5.500 VA yaitu Rp4.893.450.

Untuk mendapatkan promo yang berlaku sampai 5 April 2024 ini, pelanggan harus melakukan transaksi pembelian produk usaha mikro dan kecil (UMK) pada fitur Marketplace di aplikasi PLN Mobile dengan minimal transaksi Rp99.000.

Setelah melakukan transaksi pelanggan dapat melakukan klaim vocer elektronik untuk diskon tambah daya.
Baca juga: PLN UID Sumut memastikan keandalan SPKLU saat libur Lebaran
Baca juga: PLN Sumut pastikan tak ada pemadaman listrik saat Ramadhan-Lebaran


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024