Jika terjadi gangguan, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu 3 detik
Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menegaskan dapat mengatasi gangguan listrik di Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2024 hanya dalam waktu tiga detik.

"Jika terjadi gangguan, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu 3 detik," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto di Balige, Sumut, Rabu.

Saleh melanjutkan, penanganan kilat tersebut sudah dipraktikkan dalam simulasi pengamanan kelistrikan PLN di lokasi pelaksanaan F1H2O 2024 pada 2-3 Maret, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Apel siaga kelistrikan serta gelar pasukan dan peralatan kesiapan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024 juga sudah digelar di Balige pada Rabu.

Untuk mendukung pemulihan gangguan listrik selama F1H2O, PLN UID Sumut mempersiapkan "Distribution Control Center Mobile" (DCC Mobile) yang terintegrasi dengan gardu hubung, jaringan 20 kV hingga sistem keamanan listrik di arena kompetisi.

Pengecekan berkala secara rutin juga terus dilakukan oleh petugas PLN guna memastikan pasokan listrik tetap andal.

"Keandalan pasokan listrik menjadi jantung dalam kesuksesan kejuaraan internasional ini. Untuk itu, kami harus menjaga dan mengawal agar pasokan listrik dalam kondisi andal selama perhelatan berlangsung," tutur Saleh.

Dia pun menegaskan bahwa seluruh peralatan dalam kondisi lengkap dan siap untuk dipergunakan oleh petugas selama F1H2O 2024.

PLN UID Sumut memprediksi beban listrik saat Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2024 mencapai sekitar 430 MW.

Pasokan listrik untuk kompetisi tersebut akan datang dari Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Hutaraja dan PLTM Aek Silang 2.

Untuk mencegah dan menangani gangguan, PLN pun mempersiapkan tiga unit sumber daya nirhambatan (UPS) dengan kapasitas masing-masing 40 kVA di tiga lokasi berbeda.

Kemudian, ada pula tiga UPS berkapasitas 250 kVA untuk 250 pelaku UMKM di sekitar lokasi pertandingan.

Baca juga: Pertamina sediakan 30 ribu liter Pertamax Turbo untuk F1 Powerboat
Baca juga: ITDC: Jelang free practice F1 Powerboat Danau Toba kondisi terkendali

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024