mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman
Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara siap memberangkatkan 1.000 pemudik gratis menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sebagai bagian dari program "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024".

"Program ini merupakan wujud kepedulian PLN untuk pelanggan yang ingin mudik dan berkumpul dengan keluarga untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri," ujar General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto di Medan, Sabtu.

Saleh melanjutkan, dengan mudik bersama BUMN, pihaknya berharap masyarakat dapat berangkat mudik dengan aman dan nyaman.

Dia menambahkan, mudik gratis akan membuat para pemudik yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil beralih ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan.

Bukan cuma itu, mudik bersama juga disebut Saleh dapat mengurangi emisi yang dihasilkan kendaraan pribadi.

"Program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman. Sehingga resiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik dapat berkurang. Selain itu, melalui program ini dapat mengurangi emisi akibat penggunaan kendaraan pribadi saat melakukan mudik," kata Saleh.

Baca juga: Siap-Siap Daftar! Pegadaian Kembali Menggelar Program Mudik Asik Bersama BUMN
Baca juga: BRI Gelar Mudik Asyik bersama BUMN 2024


Pendaftaran mudik gratis PLN UID Sumut hanya dapat dilakukan dari aplikasi PLN Mobile pada 16-28 Maret 2024 pada pukul 09.00-16.00 WIB. Pendaftaran ulang dilaksanakan pada 1-3 April 2024 pukul 09.00-16.00 WIB.

Mudik gratis PLN UID Sumut digelar dengan moda darat yakni bus dan kereta api. Untuk keberangkatan dengan bus, rutenya dari Medan menuju Padang, Pekanbaru dan Banda Aceh.

Bus akan berangkat pada 5 April 2024 dengan dua sesi yakni pada pukul 09.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk kereta api, pada tanggal yang sama, peserta mudik gratis berangkat dari Stasiun Kereta Api Medan menuju Kisaran dan Rantauprapat. Keberangkatan dilakukan pada 08.55 WIB dan 15.45 WIB.

Saleh menyebut, untuk dapat mengikuti musik gratis bersama PLN, masyarakat wajib melakukannya dengan PLN Mobile dengan melampirkan KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga). Satu KK maksimal empat orang.

Kemudian, satu akun PLN Mobile hanya bisa digunakan untuk sekali pendaftaran dengan catatan peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di instansi mana pun.

Terakhir, setiap peserta wajib mentransfer uang jaminan sebesar Rp100 ribu per orang. Uang tersebut akan dikembalikan menjelang keberangkatan. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.

Adapun tahapan pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi.

Baca juga: Perum LKBN ANTARA berangkatkan pemudik lewat "Mudik Asik Bersama BUMN"
Baca juga: Kementerian BUMN sediakan 80 ribu kuota mudik gratis Lebaran 2024
Baca juga: Damri dukung penyelenggaraan mudik gratis bersama BUMN


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024