Jakarta (ANTARA News) - Tim putri Indonesia melaju ke final kejuaraan bola basket tiga lawan tiga atau 3x3 U-18 tingkat Asia setelah menumbangkan tim kuat China dengan skor 19-16.

Pertandingan yang berlangsung di Cyberjaya, Malaysia, Minggu, tersebut berlangsung ketat sejak awal menurut siaran pertandingan di laman resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Indonesia secara bergantian menurunkan Lea Kahol, Michelle Kurniawan, Nathania Claresta dan Valencia Pramono memberikan perlawanan sengit dan unggul 3-2 pada menit-menit awal berkat tembakan Valencia.

Indonesia semakin jauh memimpin 11-8 di pertengahan laga, setelah lemparan Lea Kahol melesak mulus ke dalam keranjang.

Nathania Claresta mencetak poin ke-19 Indonesia, membuat tim China tak mampu mengejar sampai akhir laga dan harus takluk dengan skor 19-16.

Di pertandingan final yang berlangsung hari ini pukul 17.00 waktu Cyberjaya, Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Malaysia, yang menaklukkan Singapura di semifinal.

Dalam perjalanan ke final, tim 3x3 putri Indonesia menaklukkan Taiwan di babak grup, mengalahkan Sri Lanka di perempat final dan menumbangkan China di semifinal. Indonesia hanya sekali kalah dari Jepang di penyisihan grup.

Sementara tim putra Indonesia gagal lolos di babak grup setelah kalah Taiwan dan China.



Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017