Basarnas kerahkan helikopter pantau mudik Padangbai-Lembar

Basarnas kerahkan helikopter pantau mudik Padangbai-Lembar

Ilustrasi - Seorang teknisi melakukan pemeriksaan akhir pesawat helikopter pesanan Basarnas jenis AS 365 Dauphin, di hanggar PTDI, Bandung, Selasa (18/10/2016). (ANTARA/Hermanus Prihatna)

Denpasar (ANTARA News) - Badan SAR Nasional mengerahkan satu unit helikopter untuk memantau arus mudik di Pelabuhan Padangbai-Lembar yang melayani penyeberangan Bali menuju Lombok, NTB.

"Dari hasil pantauan udara yang belum nampak adanya peningkatan jumlah pemudik di Pelabuhan Padangbai," kata Kepala Kantor SAR Denpasar Didi Hamzar di Denpasar, Rabu.

Helikopter jenis Bolco 105 itu terbang dari Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 11.00 Wita melakukan pemantauan di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai, Kabupaten Karangasem dan Pelabuhan Lembar, Lombok.

Dari pantauan udara, antrean terlihat didominasi oleh truk pengangkut barang yang akan masuk menuju kapal.

Sedangkan jalur pelayaran Padangbai menuju Lembar, kata dia, terpantau lancar.

Didi menjelaskan pemantauan melalui udara akan dilakukan kembali pada H-2 Lebaran pada 23 Juni 2017 karena kenaikan jumlah pemudik biasanya terjadi dua hari sebelum Idul Fitri dan bertepatan dengan edaran cuti bersama oleh pemerintah.

"Untuk itu kesiapsiagaan personel harus terus ditingkatkan dalam operasi Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2017," ucapnya.

Selain mengerahkan helikopter, SAR juga mengerahkan Kapal Negara SAR Arjuna 229 untuk melakukan pemantaun di Pelabuhan penyeberangan Padangbai-Lembar.

Tak hanya di pelabuhan penyeberangan Padangbai, lanjut Didi, KN SAR Arjuna 229 juga akan berlayar selama tiga hari mendatang melalui Perairan Utara Bali dan selanjutnya akan sandar di Pelabuhan Kepatang Banyuwangi pada 23 Juni mendatang.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Tak punya SIKM, 537 kendaraan di Tol Karawang Barat diminta putar balik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar