Banjarnegara (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara, Jawa Tengah menyatakan bahwa Kawah Timbang dan beberapa kawah lain yang ada di Dataran Tinggi Dieng cukup aman bagi wisatawan.

"Kawah Timbang dan beberapa kawah lain tidak ada peningkatan aktivitas letusan dan cukup aman bagi wisatawan," kata Kepala Pelaksana Harian (kalakhar) BPBD Banjarnegara Arief Rahman, di Banjarnegara, Minggu.

Meski demikian, para wisatawan diminta untuk tidak mendekati Kawah Sileri, Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Desa Kepakisan, Kabupaten Banjarnegara.

"Hanya saja, para wisatawan diminta untuk tidak mendekati Kawah Sileri dengan radius 100 meter untuk sementara waktu, hingga ada perkembangan lebih lanjut," katanya.

Hal tersebut disampaikan menyusul adanya peningkatan aktivitas di Kawah Sileri.

"Masyarakat diminta untuk tenang dan tetap mengikuti instruksi pemerintah daerah melalui BPBD Banjarnegara dan instansi terkait lainnya," katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya, letusan freatik (letusan gas) dilaporkan terjadi di Kawah Sileri, Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Desa Kepakisan, Kabupaten Banjarnegara, Minggu.

Saat dihubungi dari Banyumas, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surip mengatakan letusan freatik itu terjadi pada pukul 12.00 WIB.

"Tinggi letusan mencapai 50 meter, sampai ke parkiran waterboom. Tidak ada korban jiwa akibat letusan itu," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017