Jerman juara Piala Konfederasi 2017

Jerman juara Piala Konfederasi 2017

Jerman juara Piala Konfederasi 2017. (FIFA)

Jakarta (ANTARA News) - Jerman berhasil menjuarai Piala Konfederasi 2017 untuk pertama kalinya seusai menyudahi perlawan Chile dengan skor 1-0 pada pertandingan yang digelar di Stadion Saint Petersburg, Rusia, Senin dini hari waktu Indonesia.

Gol tunggal kemenangan Jerman dicetak oleh penyerang dari Borussia Monchengladbach, Lars Stindl, pada pertengahan babak pertama setelah memanfaatkan kesalahan pemain bertahan Chile.

Berdasarkan statistik FIFA, Chile menguasai ball possesion dengan 61 berbanding 39 persen atas Jerman. Chile pun rajin menyerang dengan catatan 20 sepakan (8 on-target) sedangkan Jerman hanya melepaskan delapan sepakan (tiga on-target). Namun efektifitas dan kedisiplinan para pemain Jerman menjadi kunci dalam membungkam serangan-serangan yang dilancarkan Chile.

Pada jalannya laga, Chile mengawali pertandingan dengan serangan-serangan kombinasi dari tengah dan sayap yang dilancarkan oleh Eduardo Vargas dan Alexis Sanchez, namun serangan itu selalu digagalkan oleh kiper Jerman, Andre ter Stegen, yang bermain baik pada laga ini.

Pada menit ke-19, Chile memiliki peluang matang saat sepakan Arturo Vidal tidak ditangkap sempurna oleh Andre ter Stegen. Bola tersebut kemudian jatuh di kaki Sanchez, sayang sepakan penyerang Arsenal itu tidak tepat sasaran.

Jerman yang mencuri serangan balik berhasil unggul 1-0 setelah gelandang bertahan Chile, Marcelo Diaz, melakukan kesalahan fatal. Bola yang dikuasai Diaz direbut oleh Timo Werner lalu menyodorkannya kepada Lars Stindl yang berdiri bebas di mulut gawang Chile. Stindl dengan mudah mencetak gol bagi keunggulan 1-0 Der Panzer.

Pasukan Joachim Loew nyaris unggul 2-0 jika sepakan Goretzka tidak digagalkan kiper Chile, Claudio Bravo, pada menit 44. Peluang itu kembali tercipta akibat kecerobohan pemain bertahan Chile.

Pada awal babak kedua, Joshua Kimmich dan Arturo Vidal yang sama-sama bermain untuk Bayern Muenchen diganjar kartu kuning akibat terlibat insiden saling dorong setelah tendangan bebas untuk Jerman.

Dua penyerang Chile, Sanchez dan Vargas, terus berupaya mencari celah untuk menjebol gawang Jerman. Pada menot 72 sepakan Sanchez berhasil diblokir Rudy, sedangkan tendangan Vargas dihentikan Ter Stegen pada menit 74.

Puch dan Sagal yang masuk menggantikan Aranguiz dan Vargas sempat membuat barisan pertahanan Jerman kerepotan. Pada menit 84, Puch masuk ke kotak penalti Jerman lalu melepaskan umpan tarik kepada Sagal, sayang sepakan pemain pengganti itu melambung dari target.

Chile terus mengepung pertahanan Jerman pada lima menit tambahan waktu, namun tidak ada gol yang tercipta sehingga Jerman keluar sebagai juara Piala Konfederasi 2017, demikian FIFA.

Susunan pemain:

Jerman (3-4-3):
Ter Stegen; Ginter, Mustafi, Rudiger; Kimmich, Rudy, Goretzka, Hector; Stindl, Werner, Draxler.
Cadangan: Trapp, Plattenhardt, Henrichs, Wagner, Demirbay, Leno, Can, Younes, Sule, Brandt.

Chile (4-3-1-2): Bravo; Isla, Jara, Medel, Beausejour; Marcelo Diaz; Aranguiz, Hernandez; Vidal; Sanchez, Vargas
Cadangan: Roco, Mena, Silva, Fuenzalida, Sagal, Toselli, Paulo Diaz, Gutierrez, Rodriguez, Valencia, Puch, Herrera.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

527 perusahaan Jerman tunda investasi di China, Kadin sebut kesempatan RI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar