Pelaihari (ANTARA News) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Muhammad Noor mengatakan, Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu dari tiga daerah di Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah Gowes Pesona Nusantara 2017.

"Ada tiga kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah Gowes Pesona Nusantara 2017 di Kalimantan Selatan," ujar Kadis Pemuda dan Olahraga Tanah Laut Muhammad Noor di Pelaihari, Senin.

Menurut dia, tiga kabupaten/kota di Kalsel yang ditunjuk Kementerian Pemuda dan Olahraga RI sebagai tuan rumah adalah, kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin.

Acara Gowes Pesona Nusantara, sebut dia, dilaksanakan serentak tanggal 22 Juli 2017 di tiga daerah di Kalimantan Selatan, khusus Kabupaten Tanah Laut start dilaksanakan di Lapangan Pertasi Kencana Pelaihari.

Dijelaskannya, Gowes Pesona Nusantara dilaksanakan pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga.

Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, jelas dia, bersinergi dengan kementerian atau lembaga negara, dinas provinsi dan kabupaten/kota terkait membuat gelaran Gowes Pesona Nusantara.

Terpisah, Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah meminta kepada masyarakat Tanah Laut untuk mensukseskan program Nawacita melalui program olahraga bersepeda.

Diutarakannya, Gowes Pesona Nusantara merupakan program nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dalam upaya menggerakan masyarakat untuk gemar berolahraga, khususnya bersepeda.

Lebih lanjut dia mengemukakan, tujuan dari kegiatan itu sendiri adalah, menggelorakan dan memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat, menggerakan paragames dan Asian Games.

"Dari kegiatan ini dapat menggerakan ekonomi kerakyatan, menumbuhkan multiplier effect bidang ekonomi, wisata, seni dan budaya,"demikian tegasnya.

(T.KR-SKR/Y008)

Pewarta: Sukarli
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017