Purworejo (ANTARA News) - Program Gowes Pesona Nusantara Kementerian Pemuda dan Olahraga akan melibatkan 4.000 peserta baik dari Purworejo maupun daerah-daerah di sekitarnya yang berlangsung pada Minggu (3/9).

"Kami telah menetapkan rute perjalanan yang dimulai dari Pendopo Kabupaten Purworejo hingga Pantai Jatimalang mulai pukul 06.30 WIB," kata Asisten Daerah III Bidang Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Puworejo Muhamad Wuryanto di Purworejo, Sabtu.

Wuryanto mengatakan program pembudayaan olahraga sepeda itu akan menempuh jarak sekitar 30 kilometer dan diikuti para peserta dari Kebumen, Magelang, maupun Wonosobo.

"Kami juga akan menggelar kegiatan pentas kesenian di lokasi finis yaitu Pantai Jatimalang," ujarnya.

Sebelumnya, Wuryanto melepas 15 peserta tim sepeda Gowes Pesona Nusantara Tour Sabang-Magelang 2017 di Pendopo Kabupaten Purworejo. Lima belas peserta itu juga diiringi oleh 10 peserta dari komunitas sepeda olahraga di Purworejo hingga perbatasan Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Tim sepeda Gowes Pesona Nusantara Sabang-Magelang 2017 memulai perjalanan mereka dalam etape ketujuh dari Jakarta pada Sabtu (26/8) dan menuju Yogyakarta pada Minggu (3/9).

Mereka memulai perjalanan dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, sekitar pukul 09.00 WIB dan masuk wilayah Kabupaten Purworejo pada pukul 11.30 WIB.

Gowes Pesona Nusantara merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dimulai di Sabang, Aceh, sejak 5 Mei. Selain rute barat Indonesia, program pembudayaan olahraga sepeda itu juga digelar di rute timur Indonesia yaitu di Merauke, Papua, hingga Magelang Jawa Tengah pada 13 Mei.

Gowes Pesona Nusantara melalui 90 kota dan kabupaten di Indonesia. Program Gowes itu akan berakhir di Magelang pada 9 September dan menjadi momentum peringatan Hari Olahraga Nasional. ***4***



(T.I026/

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017