Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional pelajar senam inginkan satu emas di ajang ASEAN School Games 2017 di Singapura, mulai 13 hingga 21 Juli 2017, kata asisten pelatih tim tenis Murdhasih di Jakarta, Jumat.

Target internal itu lebih tinggi dari harapan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang cuma membebankan dua perak.

"Kami mau setidaknya satu di nomor perseorangan," ujar Murdhasih ketika ditemui di sela latihan di Kompleks Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan, Jakarta.

Sektor yang berpeluang mendapatkan hasil tertinggi itu, menurut dia, datang dari putri dengan atlet andalan Muthia Nur Cahya.

Muthia, baru berusia tepat 15 tahun pada 23 September 2017, sebelumnya sudah mengikuti dua kali ajang ASEAN School Games, yaitu di Brunei Darussalam pada tahun 2015 dan di Thailand setahun setelahnya.

Demi mencapai target itu, tim senam melakukan latihan intens dalam beberapa bulan terakhir. Selama 6 hari sebelum berangkat ke Singapura, mereka fokus mengasah mental bersaing.

"Ini penting agar lima pesenam putra dan lima pesenam putri yang dikirim percaya diri ketika bertanding. Selain itu, kami juga menjaga agar pemain tidak cedera," kata Murdhasih.

Ia menilai pesaing terberat senam Indonesia di ASEAN School Games Singapura adalah Vietnam, Singapura, dan Thailand.

Ditemui pada kesempatan yang sama, atlet Muthia Nur Cahya memiliki keinginan pribadi setidaknya memperbaiki prestasinya di ASEAN School Games.

"Keikutsertaan pertama saya dapat perunggu, kemudian yang kedua, tanpa medali. Di Singapura saya berharap dapat perak, kalau bisa di nomor perseorangan balok keseimbangan," tutur Muthia.

Adapun ASEAN School Games IX di Singapura digelar pada tanggal 13 sampai dengan 21 Juli 2017 yang diikuti sembilan negara ASEAN, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain senam, tim Merah Putih akan bertanding di cabang olahraga atletik, renang, bulu tangkis, sepak takraw, tenis, bola voli, bola basket, tenis meja, dan boling.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti perkembangan terkini Indonesia di ASEAN School Games 2017, Singapura, 13 hingga 21 Juli 2017, bisa mengikuti media sosial Instagram Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora @asdeppembibitandaniptekor ditambah tagar #INAteam_ASG2017. Informasi sejenis juga tersedia via akun Twitter @pemtekor.

Pewarta: Michael S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017