Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) membentuk tim pendukung yang diisi berbagai unsur untuk mengawal persiapan pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi menuju Olimpiade Paris 2024.

"Tim pendukung yang dibentuk menjalankan sejumlah tugas seperti menganalisa performa latihan, memperhatikan nutrisi makanan atau suplemen, hingga terapi," kata Sekjen PB Persani Sri Sundari Kencana Ayu ketika dihubungi melalui sambungan telepon di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, tim pendukung itu terdiri dari berbagai unsur seperti dokter olahraga, dokter nutrisi, analis performa, fisioterapis, dan administrator.

Tim tersebut, kata dia, mengawal kegiatan latihan Rifda (panggilan Rifda Irfanaluthfi) setiap hari di Gedung Olahraga Senam Raden Inten dan Grafila.

Sri Sundari menjelaskan, tim bekerja untuk memastikan kondisi fisik dan mental Rifda siap tampil secara maksimal di Olimpiade Paris 2024.

Ia menyebutkan, sejumlah pekerjaan yang dijalankan tim seperti menganalisa performa latihan dan membandingkan nilai yang dicapai atlet lain atau pesaing yang sekelas dengan Rifda, selain itu memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk mencapai nilai maksimal.

Kemudian, memperhatikan kecukupan suplemen yang ditangani langsung oleh dokter mengingat tidak serta merta diberikan kepada atlet karena dikhawatirkan ada unsur doping.

Baca juga: Persani proyeksikan Rifda mampu tampil sempurna di Olimpiade Paris

Selain itu, memantau latihan-latihan yang dijadwalkan ditunjang oleh kondisi fisik. "Jadi diamati apabila ada kekurangan kekuatan di kaki atau bagian tubuh lain maka diberikan penguatan," ujarnya.

Sri Sundari menambahkan, tim tersebut bekerja sangat efektif dan ketat dalam mengawal latihan Rifda sehingga diharapkan pesenam berusia 23 tahun asal DKI Jakarta itu bisa memberikan penampilan sempurna di Olimpiade Paris 2024.

"Setiap pekan tim melakukan evaluasi sehingga jika ada aspek yang kurang langsung dibenahi dalam latihan selanjutnya," pungkasnya.

Rifda Irfanaluthfi merupakan satu-satunya atlet Indonesia dari cabang olahraga senam yang dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 seusai tampil di World Artistic Gymnastic Championships 2023 di Antwerp, Belgia pada Oktober 2023.

Baca juga: Pesenam Indonesia Rifda lolos ke Olimpiade Paris 2024
Baca juga: PJSI fokus persiapkan atlet agar bisa tanding di Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024