Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) memproyeksikan pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 mampu tampil sempurna di kejuaraan internasional itu.

"Proyeksi kami untuk Rifda ini mampu tampil sempurna saja sudah luar biasa mengingat yang turun ke Olimpiade adalah atlet-atlet top dunia," kata Sekjen PB Persani Sri Sundari Kencana Ayu ketika dihubungi melalui sambungan telepon di Jakarta, Jumat.

Rifda Irfanaluthfi merupakan satu-satunya atlet Indonesia dari cabang olahraga senam yang dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 seusai tampil di World Artistic Gymnastic Championships 2023 di Antwerp, Belgia pada Oktober 2023.

Sri Sundari mengatakan, lolosnya Rifda merupakan kebanggaan besar bagi olahraga senam Indonesia karena bisa tampil di Olimpiade setelah penantian panjang selama 60 tahun.

PB Persani tidak memberikan target bagi RIfda untuk meraih medali atau pun emas pada Olimpiade mengingat lawan atau pesaing merupakan para atlet dunia yang tangguh dari Amerika, Eropa, dan lainnya.

"Yang penting dia tampil melakukan yang terbaik untuk semua gerakan. Jika nanti bisa menembus hingga mendapatkan medali, apa pun itu pasti sangat kita apresiasi," katanya.

Baca juga: Ketum PB Persani bersyukur Rifda lolos kualifikasi Olimpiade Paris

Ia menjelaskan, saat ini, Rifda sedang menjalani latihan atau persiapan melalui pemusatan latihan nasional (pelatnas) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk para olimpian.

Sri Sundari optimistis pesenam berusia 23 tahun asal DKI Jakarta itu mampu menyuguhkan penampilan terbaik karena dia memiliki motivasi yang tinggi untuk tampil di Olimpiade.

"Dari awal Rifda sudah sangat ingin tampil di Olimpiade sehingga ini menjadi kesempatan berharga untuk menunjukkan penampilan terbaiknya," katanya.

Baca juga: KONI berharap PB Persani siapkan atlet tembus Olimpiade
Baca juga: PJSI fokus persiapkan atlet agar bisa tanding di Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024