Denpasar (ANTARA News) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengharapkan kegiatan rembug desa mampu membangkitkan "spirit" (semangat) masyarakat setempat untuk membangun desanya secara gotong-royong.

"Saya sangat menginginkan agar kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk saling bertukar pikiran dan pendapat terkait dengan permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan program pembangunan desa, sehingga mampu membangkitkan kembali semangat untuk membangun desa ke arah yang lebih baik," katanya di Denpasar, Jumat.

Saat menghadiri kegiatan Pembukaan Rembug Desa, dia mengatakan lewat kegiatan rembug desa tersebut juga diharapkan mampu mengurangi beban tugas dari para kepala desa/perbekel dalam melaksanakan program dan kegiatan.

"Kami harapkan, segala peraturan dan regulasi tentang desa yang selama ini diberlakukan agar tidak dipandang sebagai beban oleh para perbekel, melainkan dimaknai sebagai upaya dan langkah untuk mengadakan perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik," ucap Sudikerta.

Hal itu juga sekaligus dapat menjadi motivasi dalam membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan guna mencapai kesejahteraan.

"Masyarakat tidak semata-mata bergantung pada berbagai program pemberian pemerintah, namun juga harus mampu berinisiatif dan berinovasi dan sudah tentu juga harus ada dukungan dari pemerintah sehingga mampu memberikan dukungan positif terhadap pembangunan desa," ujar Sudikerta.

Dalam sambutannya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo sangat mengapresiasi seluruh jajaran pemerintahan di Bali karena telah mampu mengentaskan kemiskinan secara berkelanjutan.

Suksesnya pengentasan kemiskinan, lanjut dia, sebagai akibat dari program-program yang dijalankan oleh pemerintah daerah, kabupaten dan juga desa dapat dilaksanakan dan dikoordinasikan dengan baik sehingga muncul sebuah sinergitas yang mampu bergerak cepat dalam menuntaskan kemiskinan tersebut.

"Bali menjadi salah satu provinsi terbaik dalam hal pengimplementasian dana desa, dan juga salah satu provinsi terbaik yang dengan cepat menyesuaikan semua program yang dibuat oleh kementerian desa," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mengharapkan apa yang telah dicapai saat ini agar terus dipertahankan dan juga ditingkatkan sehingga ke depan kemiskinan di Bali dapat dituntaskan.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga meminta kepada Pemprov Bali agar tidak segan-segan dalam mengajukan program kegiatan kepada Kementerian Desa yang terkait dengan pengembangan dan memajukan kesejahteraan desa, saat ini program Nawa Cita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sangat berkepentingan terhadap pembangunan desa.

Selain pembukaan rembug desa, juga dilakukan pengukuhan Forum Komunikasi Perbekel Provinsi Bali oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba desa tingkat Provinsi Bali.

(T.KR-LHS/E011)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017