Lima wakil Indonesia lolos semifinal Selandia Baru

Lima wakil Indonesia lolos semifinal Selandia Baru

ilustrasi: Perempat Final Ganda Putri Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Della Destiara Haris (kiri) dan Rosyita Eka Putri Sari (kanan) berusaha mengembalikan kok ke arah ganda putri Korea Selatan Chang Ye Na dan Lee So Hee dalam perempat final BCA Indonesia Open 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (16/6/2017). (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Jakarta (ANTARA News) - Lima wakil Indonesia lolos ke putaran semifinal kejuaraan bulu tangkis Selandia Baru Terbuka 2017 di Auckland, Selandia Baru, Jumat.

Kepastian tersebut didapatkan setelah dalam pertandingan delapan besar, pemain-pemain Indonesia di nomor ganda campuran (satu wakil), ganda putri (satu wakil), tunggal putri (dua wakil) dan ganda putra (satu wakil), mendapatkan hasil poitif.

Di putaran delapan besar ganda campuran, pertarungan sesama wakil Indonesia tersaji yang mempertemukan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Annisa Saufika.

Dalam pertandingan itu Edi/Gloria yang didapuk sebagai unggulan enam turnamen mampu mendapatkan kemenangan di gim pertama, akan tetapi Ronald/Annisa membuktikan mereka bisa memberikan perlawanan di dua gim berikut hingga akhirnya mengamankan kemenangan 18-21, 21-17, 23-21.

Di empat besar, Ronald/Annisa akan ditantang pasangan gado-gado Wang Chi-Lin (Taiwan)/Wendy Chen Hsuan-Yu (Australia) yang juga memberikan kejutan di delapan besar dengan menyingirkan duet China unggulan tujuh He Jiting/Du Yue 21-13, 21-4.

Adapun di ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengamankan satu tempat empat besar setelah sukses melewati tantangan dari duet Taiwan Yu Chieh Cheng/Ling Fang Hu dalam pertarungan dua gim selama 33 menit berkesudahan 21-11, 21-10.

Dalam putaran semifinal, Greysia/Apriyani akan menantang unggulan pertama asal Malaysia Vivian Hoo/Woon Khe Wei yang melangkah ke emat besar dengan menumbangkan pasangan China Shijun Qiao/Zhang Shuxian 21-7, 21-16.

Sementara itu, di tunggal putri, Hanna Ramadini dan Fitriani mampu melaju ke semifinal turnamen berlevel Grand Prix Gold tersebut. Hanna yang bermain lebih awal tak menemui kesulitan dalam menundukkan pemain Taiwan Pai Yu Po dengan dua gim langsung 21-12, 21-19.

Perjuangan Fitriani berlangsung lebih alot karena dipaksa bertanding tiga gim oleh pemain Malaysia Yen Mei Ho. Telat panas dalam pertarungan tersebut dan harus merelakan gim pertama menjadi milik wakil Negeri Jiran, Fitriani membuktikan kualitasnya dengan mendapatkan dua gim berikutnya sehingga skor akhir 9-21, 21-10, 21-13.

Di semifinal, Hanna akan bertemu unggulan satu asal Thailand Ratchanok Intanon yang sebelumnya mengalahkan wakil Indonesia lainnya Dinar Dyah Ayustine 19-21, 21-10, 21-11. Sementara Fitriani akan menghadapi unggulan lima Saena Kawakami (Jepang) yang di delapan besar menumbangkan Yaxin Wei (China) dengan skor 22-20, 21-15.

Wakil terakhir Indonesia di semifinal turnamen berhadiah total 120 ribu dolar AS tersebut datang dari ganda putra melalui pasangan Kenas Adi Haryanto/M. Reza Pahlevi Isfahani setelah melalui laga ketat selama 58 menit menghadapi duet Taiwan Hsu Jen Hao/Lu Chia Pin.

Kenas/Reza harus merelakan gim pertama menjadi milik pasangan Taiwan walau sudah bermain sangat baik. Di dua gim berikutnya, balik duet Hsu/Lu yang tertekan dan menyerah di tangan pasangan Indonesia dalam pertandingan berkesudahan 20-22, 21-12, 21-18.

Di empat besar, Kenas/Reza akan menantang unggulan pertama asal Taiwan Chen Hung Ling/Wang Chi Lin yang sebelumnya mengalahkan duet China Chen Sihang/Fan Qiuyue 21-10, 21-12.

Sementara itu, Indonesia tidak lagi memiliki wakil tunggal putra di Selandia Baru Terbuka 2017 setelah semua wakil tersisa di nomor itu yang dimotori pemain Pelatnas Jonatan Christie dan Firman Abdul Kholik, harus tersingkir di putaran dua.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar