Fujisawa (ANTARA News) - Sebuah perusahaan di Jepang mengklaim telah membuat sebuah fidget spinner yang bisa berputar lebih lama dibandingkan produk sejenis lainnya, yaitu mencapai 12 menit lebih.

Sebagian besar fidget spinner, salah satu mainan terpopuler pada 2017, hanya bisa berputar sendiri selama beberapa menit.

Namun, sebuah cabang dari pembuat mesin presisi NSK ingin memanfaatkan laher dari perusahaan mereka, digunakan dalam satelit luar angkasa dan disk komputer, untuk membuat Rolls Royce versi fidget spinner.

Gawai tersebut -- disebut-sebut sebagai pelepas stres namun dilarang di sebagian sekolah karena mendistraksi -- memiliki laher di tengahnya dan dirancang untuk berputar dengan mudah melalui sentilan jari.

"Kami yakin produk kami adalah spinner yang berputar terlama di dunia," kata Toshikazu Ishii, presiden NSK Micro Precision.

Saat dites di biro AFP Tokyo, Saturn Spinner berbentuk roda tersebut berputar selama 13 menit dan 35 detik, walaupun perlu beberapa kali percobaan.

Rahasianya ada pada rancangannya, kata Ishii. Gawai itu, dibuat di sebuah pabrik di dekat Tokyo, memiliki kerangka kuningan berat dan laher alumunium ringan untuk meningkatkan gaya sentrifugal.

Namun, harganya tidak murah yakni 17.280 yen atau sekitar Rp2,09 juta per buah, jauh lebih mahal dari kebanyakan fidget spinner yang harganya sekitar 12 dolar AS (sekitar Rp159.996), demikian AFP.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017