Banda Aceh (ANTARA News - Jamaah calon haji asal Aceh mulai berangkat menuju Padang Arafah di Tanah Suci menjelang pelaksanaan puncak haji 1438 Hijriah yakni wukuf.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh Daud Pakeh di Mekkah, Arab Saudi, yang dihubungi melalui telepon seluler dari Banda Aceh, Rabu, berujar jamaah Aceh telah diberangkatkan menggunakan bus.

"Semua jamaah dari Aceh diberangkatkan ke Padang Arafah untuk melakukan wukuf dan berbagai persiapan telah dilakukan oleh petugas," ucapnya.

Daud yang menjadi salah seorang anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Aceh mengatakan secara umum kondisi jamaah dari provinsi berjuluk "Serambi Mekkah" itu dalam keadaan sehat dan stabil.

Sementara persiapan di Arafah, Mudzalifah dan Mina, untuk melakukan mabit dan prosesi ibadah beberapa hari di ketiga wilayah Tanah Suci, para petugas kloter dan pihak maktab telah meninjau lokasi sebelumnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi telah menggelar sidang isbat penentuan tanggal puncak haji tahun 2017. Hasilnya, pelaksanaan wukuf ditetapkan hari Kamis (31/8).

"Pesan Menteri Agama kepada seluruh jamaah, kita sama-sama wukuf di Arafah. Tidak ada keinginan setiap jamaah, selain mendapatkan kemabruran. Kami harus bekerja ekstra demi kelancaran puncak haji, yaitu wukuf di Arafah," jelasnya.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Aceh Rusli menyatakan dua calon haji wafat di Tanah Suci sebelum puncak haji dan pemerintah akan membadalkan atau menggantikan ibadah hajinya.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun 2017 telah memberangkatkan 4.463 orang ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar.

Ke-4.463 orang itu terdiri atas 4.347 asal Aceh, 34 orang tim TPHD dan tim kesehatan haji daerah, 26 orang mutasi dari luar provinsi dan 56 orang petugas kloter.

"Harusnya 4.475 orang. Tapi saat pemberangkatan, 12 jamaah kita open seat. Mayoritas akibat sakit dan satu meninggal," tuturnya.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017