Jakarta (ANTARA News) - KPK mengajukan banding terhadap putusan General Manager PT Impexindo Pratama Ng Fenny yang merupakan penyuap mantan Hakim Konstitusi Patrialis Akbar untuk mempengaruhi putusan uji materi UU Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Untuk Basuki, kami tidak melakukan upaya hukum banding, tapi untuk Ng Fenny kami upaya hukum banding," kata jaksa penuntut umum (JPU) KPK Lie Putra Setiawan dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Pada sidang pekan lalu 28 Agustus 2017, hakim pengadilan Tipikor memvonis Basuki Hariman selama 7 tahun ditambah denda Rp400 juta subisder 3 bulan kurungan sedangkan Ng Fenny divonis selama 5 tahun ditambah denda Rp200 juta subisder 2 bulan kurungan.

Dua putusan tersebut lebih ringan dibanding tuntutan JPU KPK yang meminta agar Basuki Hariman divonis 11 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan sedangkan Ng Fenny divonis 10,5 tahun penjara ditambah denda sebesar Rp250 juta subsider 3 bulan kurungan.

"Strafmaat (besaran putusan) untuk Basuki mendekati 2/3 tuntutan, hanya kurang 3 bulan sedangkan Ng Fenny itu malah di bawah setengah," jelas jaksa Lie.

Vonis keduanya berdasarkan dakwaan pertama pasal 6 ayat (1) huruf a UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 dan Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Hakim menilai bahwa Basuki sebagai "beneficial owner" (pemilik sebenarnya) dari perusahaan PT Impexindo Pratama bersama dengan General Manager PT Impexindo Pratama Ng Fenny memberikan uang 20 ribu dolar AS, 10 ribu dolar AS, uang sejumlah 20 ribu dolar AS melalui seorang perantara bernama Kamaludin kepada Patrialis Akbar untuk mempengaruhi putusan Perkara Nomor 129/ PUU-XIII/ 2015 terkait uji materi atas UU No 41 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Sedangkan mengenai pengembangan perkara khususnya terkait dugaan penyeludupan daging yang melibatkan oknum Direktorat Bea Cukai dan importir daging yang dilakukan Basuki, hal itu akan dilakukan dalam perkara berbeda.

"Dalam persidangan juga belum disebutkan mengenai bea cukai, karena hal tersebut tentunya akan kami pertimbangkan dalam hal yang berbeda karena ini adalah perkara suap Patrialis Akbar tapi dalam prosesnya diketahui ada hal lain sehingga prosesnya akan berbeda, tidak mungkin menggabungkan 2 perkara," ungkap Lie.

(Baca: Penyuap Patrialis divonis 7 dan 5 tahun penjara)

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017