PBB (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley menyebut pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang mengemis-ngemis perang. Oleh karena itu Haley mendesak 15 anggota Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan sanksi sekeras mungkin untuk mencegah keinginan Kim Jong-un itu.

"Perang bukan hal yang diinginkan Amerika Serikat. Kami sedang tak ingin perang. Tetapi kesabaran negara kami ada batasnya. Kami akan melindungi sekutu-sekutu dan wilayah kami," kata Haley seperti dikutip Reuters.

"Amerika Serikat akan menganggap semua negara yang menjalin bisnis dengan Korea Utara sebagai negara yang memberikan bantuan kepada hasrat nuklir mereka yang sembrono dan berbahaya," kata Haley.

Haley menyatakan AS akan membagikan resolusi baru Dewan Keamanan menyangkut Korea Utara pekan ini dan ingin pemungutan suara digelar Senin pekan depan.

Sebaliknya China yang merupakan mitra dagang utama Korea Utara, dan Rusia, menyerukan resolusi damai untuk krisis Korea Utara ini.

"Sanksi saja tidak akan membantu mengatasi masalah ini," kata Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia seperti dikutip Reuters.

Korea Utara sudah dikenai sanksi PBB sejak 2006 menyangkut program peluru kendali balistik dan nuklirnya.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017