Jakarta (ANTARA News) - Langkah Liverpool pada bursa transfer pemain musim panas 2017 dinilai jitu karena mendatangkan Mohamad Salah dengan harga yang murah dari AS Roma.

Sedangkan klub kaya raya Paris Saint-Germain (PSG) melakukan transfer yang buruk karena merekrut Kylian Mbappe dari AS Monaco dengan harga yang terlalu mahal.

Menurut laporan, CIES Football Observatory pada Selasa (5/9), nilai transfer objektif Kylian Mbappe semestinya hanya 92,6 juta euro, atau jauh di bawah 180 juta euro seperti yang dibayarkan PSG ke Monaco.

Football Observatory menggunakan algoritma untuk menghitung selisih jumlah yang dibayar dengan nilai yang ditaksir. Mereka menunjukkan bahwa musim ini terjadi peningkatan inflasi dalam bursa transfer pesepakbola.

Dengan perhitungan tersebut, terdapat tiga pemain yang dijual di bawah harga dalam 20 transfer termahal musim panas ini. Dua pemain itu berasal dari Roma.

Mohamad Salah dijual dengan rekor klub seharga 50 juta euro, namun harga itu dinilai terlalu murah karena Roma seharusnya melepas Salah ke Liverpool dengan harga mendekati 69,4 juta euro, menurut Football Observatory.

Demikian pula Chelsea yang membayar 39 juta poundsterling untuk Rudiger, padahal Roma semestinya mendapatkan 54,2 juta euro.

Selain itu, Roma membayar 42 juta euro untuk Patrik Schick padahal bekas striker Sampdoria memiliki nilai 21 juta euro sehingga Blucerchiati dipastikan untung 21 juta euro.

Davide Zappacosta dibayar lebih mahal 18,2 juta euro oleh Chelsea dari Torino, sementara Inter membeli Dalbert dari Nice dengan harga lebih mahal 16,3 juta euro dan merekrut bek Sampdoria Milan Skriniar lebih mahal 13,6 juta euro, demikian Football Italia dan Daily Star.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017