Singapura dan RI sepakat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya bidang ekonomi, dan didorong sehingga Indonesia dan Singapura dapat memanfaatkan secara timbal balik kerja sama yang saling menguntungkan bagi kepentingan rakyat kedua n
Singapura (ANTARA News) - Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Singapura, Rabu sore, setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta.

Presiden Jokowi dan rombongan setibanya di Bandara Internasional Changi Singapura disambut oleh salah satu menteri Singapura Ong Ye Kung, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Bayar, Mahaswi Swajaya (istri Dubes RI untuk Singapura), Atase Pertahanan Kolonel Penerbang Tjahya Elang M.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Singapura, antara lain, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya, saat penyerahan surat-surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Tony Tan Keng Yam di The Istana, Istana Kepresidenan Singapura, yang diikuti dengan pertemuan bilateral pada bulan Februari 2016, menyebutkan kedua belah pihak menyepakati peningkatan kerja sama bilateral.

"Singapura dan RI sepakat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya bidang ekonomi, dan didorong sehingga Indonesia dan Singapura dapat memanfaatkan secara timbal balik kerja sama yang saling menguntungkan bagi kepentingan rakyat kedua negara," kata KBRI Singapura.

Kedua pihak sepakat mendorong peningkatan kerja sama dalam kerangka ASEAN setelah berlakunya Masyarakat ASEAN di awal tahun 2016, terutama menggarisbawahi bahwa potensi ASEAN sangat besar dan menarik bagi pengusaha mancanegara.

Momentum pencanangan Masyarakat ASEAN diharapkan dapat memperkuat proses integrasi kawasan dan meningkatkan kesejahteraan bagi semua rakyat.

Singapura merupakan investor dan sumber wisatawan asing terbesar di Indonesia. Wisatawan Singapura ke Indonesia pada tahun 2015, misalnya, mencapai 1,5 juta orang, sementara realisasi nilai investasi ke Indonesia pada tahun 2015 mencapai 5,9 miliar dolar Amerika Serikat.

Singapura sepakat meningkatkan investasi dan kunjungan wisatawan ke Indonesia serta kerja sama yang lebih erat, baik dalam kerangka bilateral, regional (khususnya ASEAN), maupun multilateral.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017