Manado (ANTARA News) - Para jamaah haji asal Sulawesi Utara akan kembali ke Tanah Air pada 27 September 2017 atau sesuai jadwal yang ditetapkan Kementerian Agama.

"Seluruh jamaah telah menyelesaikan semua prosesi ibadah haji dan sekarang dalam persiapan kembali ke tanah air," kata Plh Kepala Sub bagian Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara, Hartono Bawenti, di Manado, Kamis.

Hartono mengatakan jamaah asal Sulawesi Utara yang berjumlah 715 orang diterbangkan dalam dua kelompok terbang (kloter) yakni 13 dan 14 dan akan kembali pada gelombang kedua dari Madinah.

Jamaah haji asal Sulawesi Utara tersebut akan sampai di Sulawesi Utara dan dijemput di Bandara Internasional Sam Ratulangi untuk kemudian masuk di asrama haji terlebih dahulu.

Menurutnya, sesuai jadwal jamaah haji asal Sulawesi Utara akan kembali dari Madinah, didampingi seluruh petugas haji.

"Setelah itu baru kembali ke daerah masing-masing, yakni Manado, Bolaang Mongondow, Kotamobagu, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Timur, Minahasa Selatan, Tomohon, Bitung, Manado, Sitaro, Sangihe dan Talaud," katanya.

Menurut Hartono, data terakhir yang diterima oleh Kementerian Agama Sulawesi Utara, dari 715 orang jamaah haji yang berangkat tinggal 714 yang kembali karena satu meninggal dunia.

"Yang meninggal dunia itu adalah Haji asal Minahasa Utara, karena sakit dan meninggal dunia di rumah sakit, sudah dimakamkan di Arafah," katanya.

Meski begitu, katanya, pemerintah tetap menyampaikan hal tersebut kepada keluarga, walaupun sudah diikhlaskan, karena yang bersangkutan menjalankan ibadah.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017