... mantan presiden itu adalah Barack Obama, George W Bush, Bill Clinton, George HW Bush, dan Jimmy Carter...
Houston (ANTARA News) - Lima mantan presiden Amerika Serikat, Kamis, bergabung untuk mengumpulkan dana bagi korban Badai Harvey demi membantu pembangunan kembali ribuan rumah dan bisnis yang hancur dari Texas ke Louisiana.

Para presiden tersebut akan meluncurkan One America Appeal, untuk memulai penggalangan dana dengan siaran permohonan pada pembukaan musim Football League, Kamis malam, menurut kelompok tersebut dalam pernyataannya.

Kelima mantan presiden itu adalah Barack Obama, George W Bush, Bill Clinton, George HW Bush, dan Jimmy Carter berada di balik upaya itu. Dua di antara mereka merasakan Perang Dingin. 

Dana yang digalang akan disalurkan ke Houston Harvey Relief Fund, yang berfokus pada wilayah Houston, dan Rebuild Texas Fund, yang akan membantu masyarakat di seluruh negara bagian.

Rebuild Texas telah menjanjikan hampir 44 juta dolar AS pada Kamis, menurut laman webnya.

Badai Harvey yang mendarat di pantai pada 25 Agustus dan menjadi badai paling kuat yang melanda Texas selama kurun lebih dari 50 tahun, telah menewaskan lebih dari 60 orang, membuat lebih dari 1 juta orang mengungsi dan merusak sekitar 203.000 rumah di jalur perusakan yang membentang lebih dari 480 kilometer.

Badai Harvey menyebabkan kerusakan diperkirakan mencapai 180 miliar dolar Amerika Serikat.

Badai Harvey telah menggerakkan para selebriti, termasuk penyanyi Beyonce, pemain sepak bola Houston Texans, JJ Watt dan aktris Sandra Bullock untuk mengumpulkan dana demi membantu para korban.

Lima mantan presiden itu mengatakan, mereka siap untuk memperluas usaha mereka membantu penduduk menghadapi Badai Irma, yang kini menuju ke Florida setelah menghancurkan serangkaian Kepulauan Karibia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017