Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengangkat Budi Gunadi Sadikin menjadi Direktur Utama PT Inalum (Persero).

Penyerahan surat keputusan pengangkatan Budi Gunadi Sadikin dilakukan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Budi, yang sejak Maret 2016 menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN, menggantikan direktur utama Inalum sebelumnya, Winardi Sunoto, yang ditetapkan sebagai Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero).

Pria kelahiran 1964 itu menjabat sebagai Direktur Utama Bank PT Bank Mandiri Tbk (Persero) periode April 2013 hingga Maret 2016.

Lulusan Fisika Nuklir Institut Teknologi Bandung dan pendidikan ekonomi Washington University Amerika Serikat itu mengawali karier sebagai staf teknologi informasi di IBM Asia Pasifik yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Kemudian, ia melanjutkan karier di IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Systems Integration & Professional Services Manager hingga 1994.

Sejak tahun 1994, Budi malang melintang di industri perbankan, termasuk di Bank Bali yang sekarang berubah nama menjadi Bank Permata.

Ia antara lain pernah menjabat sebagai General Manager Electronic Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager Human Resources hingga 1999.

Budi selanjutnya bergabung dengan ABN Amro Bank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Consumer Banking hingga 2004, lalu berkarir di Bank Danamon sebagai Executive Vice President Consumer Banking dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance sebelum bergabung dengan Bank Mandiri pada 2006.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017