Belgrade, Serbia (ANTARA News) - Aktor dan sutradara asal Inggris, Ralph Fiennes, yang berperan sebagai Lord Voldemort dalam serial "Harry Potter", mendapatkan kewarganegaraan Serbia pada Minggu (24/9) karena "mempromosikan" negara Balkan tersebut.

Keputusan memberikan kewarganegaraan kehormatan kepada bintang Inggris berusia 54 tahun itu diambil bulan ini oleh pemerintah Perdana Menteri Ana Brnabic.

"Saya tidak pernah menyangka saya akan menjadi warga Serbia dan sekarang saya tampaknya sudah menjadi warga Serbia," kata Fiennes di Serbia dalam upacara singkat setelah Presiden Aleksandar Vucic menyerahkan paspor dan kartu identitas kepadanya.

"Kami warga Serbia senang memiliki Anda sebagai teman dan kini kami menerima Anda sebagai rekan senegara kami," kata Vucic kepada Fiennes.

Fiennes, yang dua kali masuk nominasi Oscar dua kali, pernah membintangi sekitar 30 film termasuk "Schindler’s List", "The English Patient", "Skyfall" dan "Spectre".

Dia saat ini berada di Belgrade untuk syuting film tentang penari balet legendaris Rudolph Nureyev setelah menggarap film debutnya sebagai sutradara -- "Coriolanus"-- adaptasi dari drama Shakespeare di Serbia pada 2010.

Fiennes "mempromosikan Serbia... melalui karya seni dan aktivitas bisnisnya" kata Brnabic kepada harian Politika pada bulan ini.

"Dia menjadi teman sejati dan promotor negara kami dan tentunya layak mendapatkan kewarganegaraan kehormatan," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP. (mr)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017