Jakarta (ANTARA News) - Tim hoki Malaysia menyabet habis gelar juara Bali Hockey Festival 2017 yang berlangsung di Lapangan Banteng, Seminyak, Kuta, Bali pada 30 September-1 Oktober 2017.

Piala Divisi dan Rudolf August Moal Shield diraih tim putera, BP Wizard Hockey Malaysia dan tim puteri, KLPP Ladies. 

BP Wizard adalah tim yang dibentuk oleh Sarjit Singh, mantan pemain hoki nasional Malaysia yang pernah sukses membawa tim Malaysia masuk ke-5 besar tim terbaik di Olimpiade Los Angeles 1984.

Sementara KLPP Ladies adalah tim asuhan Leo Vincey, pelatih hoki ternama Malaysia yang telah banyak membentuk tim berkualitas terbaik.

“Kami sangat bangga bisa meraih gelar yang terbaik kali ini. Kami baru sekali ini ikut festival dan berhasil dengan baik,” kata Sarjit Singh.

Bali Hockey Festival membagi kejuaraan dalam tiga kategori: Plate Division, Bowl Division, dan Cup Division. Bali Hockey Festival juga mencatatkan pemenang divisi cup dalam Rudolf August Moal Shield. 

Rudolf August Moal adalah salah satu pendiri yayasan dan penggagas Bali Hockey Festival.
 
Untuk pemenang kategori Plate Division adalah IDU Jakarta (putra) dan Hong Kong Ladies (puteri). Sementara pemenang Bowl Cup adalah LA Hockey Malaysia. 

24 tim

Tahun ini, Bali Hockey Festival diikuti oleh 24 tim dari lima negara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darrusalam, dan special administrative Hong Kong. Konsep festival yang diusung adalah "fun games". 

“Di Bali Hockey Festival, para tokoh hoki berkumpul. Selain nostalgia, kami juga memperkenalkan hoki sebagai olahraga kompetisi yang seru dan solid kepada atlit-atlit muda. Kami memilih Bali sebagai tempat penyelenggaraan karena kami sangat ingin memperkenalkan Indonesia sebagai negara indah yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi,” jelas Iwan Barata, Ketua Yayasan Hockey Indonesia dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Konsep festival dipilih agar para peserta bisa santai menghadapi kejuaraan, namun tetap serius dalam pertandingan. Kejuaraan serupa ini diselenggarakan juga di negara-negara lain seperti Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Hong Kong.
 
Meski sempat diwarnai kekhawatiran tentang Bali karena aktivitas vulkanik Gunung Agung, penyelenggaraan Bali Hockey Festival bisa berlangsung lancar. 

“Kami sangat senang bisa tiba di Bali, mengikuti festival dengan gembira dan menikmati suasana yang sangat ceria ini,” kata Ida Wong dari tim Hong Kong. 

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017