Bandung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi sebagian besar wilayah di Jawa Barat berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Senin.

Dalam laman resminya, Senin, BMKG memprediksi hujan yang mulai turun pada siang hari dengan intensitas ringan, hampir didominasi seluruh wilayah di Jabar, kecuali Depok, dan Bandung Raya. Dua wilayah tersebut berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Sementara hujan disertai kilat, petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah seperti Bogor, Cianjur, Cibinong antara sore dan malam hari

Hujan ini dipengaruhi adanya massa udara di utara Jabar dan terdapat belokan angin (Shearline) pada ketinggian tiga kilometer, bertiup dari wilayah lautan Jawa membawa massa udara basah dan kelembaban tinggi mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

Suhu udara berkisar antara 19,8 derajat celcius hingga 29,8 derajat celcius, sementara kelembaban udara berkisar 56 persen hingga 94 persen. Arah angin pada umumnya dari berbagai arah (variabel) dengan kecepatan 3-20 kilometer perjam.

Tinggi gelombang maksimum untuk perairan utara masih relatif aman karena hanya 0,50 meter dan maksimum 1,25 meter. Sedangkan untuk perairan selatan harus diwaspadai karena tinggi gelombang maksimumnya mencapai dua hingga tiga meter.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017