Cara bersihkan miss V yang benar

Cara bersihkan miss V yang benar

Ilustrasi organ rahim. (ANTARA News/Lia Santosa)

... Jika salah, ini bisa menyebabkan keputihan...
Jakarta (ANTARA News) - Kaum hawa wajib membersihkan area organ intimnya agar tak bermasalah; salah satunya keputihan tak normal. 

Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah teknik membasuh miss V yang benar, yakni dari arah depan ke belakang. 

"Tangan sambil membersihkan. Arah membasuhnya dari depan ke belakang. Setelah itu seka menggunakan handuk," ujar spesialis kandungan dan kebidanan dari Rumah Sakit Bunda Jakarta, Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dalam diskusi media di Jakarta, Senin. 

Rino mengatakan sebagian perempuan selama ini justru membasuh area intimnya dengan teknik sebaliknya yakni dari belakang ke depan. Cara ini tak tepat. "Jika salah, ini bisa menyebabkan keputihan," kata dia. 

Untuk membersihkan area kewanitaan sebenarnya cukup menggunakan air bersih. Namun, jika diperlukan, cairan pembersih juga bisa menjadi pilihan tambahan. 

"Kalau pakai cairan, sampai berbusa lalu bilas dan lap menggunakan handuk," tutur Rino. 

Keputihan sebenarnya merupakan kondisi wajar yang dialami seorang perempuan. Kondisi ini berubah tak normal bila memiliki tanda seperti warna lendir tak bening melainkan kekuningan atau justru kehijauan, muncul rasa gatal di area organ intim perempuan bahkan panas dan berbau. 

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar