Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia menyatakan sikap mereka mengenai Catalonia yang mendeklarasikan kemerdekaan, melalui Kementerian Luar Negeri pada Sabtu (28/10), demikian satu dari sejumlah berita kemarin yang masih layah baca hari ini.

Selain itu, ANTARA News juga mengabarkan tentang Kepolisian Polda Metro Jaya yang telah menemukan penyebab kebakaran gudang petasan yang menelan puluhan korban jiwa di Tangerang, Banten, pada berita kemarin.

Berikut rangkuman berita pilihan ANTARA News tentang peristiwa tersebut.

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa Indonesia tidak mengakui kemerdekaan Catalonia dan tidak mendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol.

"Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia," kata pernyataan dari Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi seperti dilansir pada laman resmi Twitter Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Sabtu.

Pemerintah Indonesia juga menganggap Catalonia sebagai bagian dari wilayah Spanyol.

Nagoya (ANTARA News) - Ada empat warna pelat nomor yang dipakai kendaraan bermobil di Jepang pada saat ini.

Menurut pemandu tur di Jepang, Ogawa Sakahiro di Nagoya, Sabtu, empat warna pelat mobil itu adalah kuning, putih, hijau dan hitam.

"Untuk kendaraan pribadi ada dua warna yakni kuning dan putih,' tegasnya.

Purwakarta, Jawa Barat (ANTARA News) - Rekomendasi Partai Golkar untuk Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pada Pilkada Jawa Barat 2018 belum final, kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Partai Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa, Sabtu.

"Masih ada kemungkinan-kemungkinan, karena (rekomendasi) yang kemarin disampaikan itu bukan dokumen yang secara definitif akan disampaikan ke KPU Jawa Barat," katanya, dalam siaran pers di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu.

Jakarta (ANTARA News) - Penyidik Kepolisian Daerah Metro Jaya menduga percikan api dari las yang menyambar bahan petasan menjadi penyebab kebakaran gudang PT Panca Buana Cahaya Sukses hingga menewaskan 48 orang.

"Hasil Labfor menunjukkan penyebab kebakaran akibat percikan api las yang menyambar kembang api," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, di Jakarta Sabtu.

Bogor, Jabar, (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan gerai makanan-minuman menggunakan kendaraan modifikasi atau foodtruck.

"Ya memang harusnya seperti ini, makanan lebih keliatan higienis ya kan," ujar Presiden kepada media saat meninjau beberapa gerai foodtruck yang parkir di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu pagi.

Menurut Presiden, foodtruck merupakan inovasi yang dapat dilakukan pedagang kaki lima dalam menjual makanan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017