Jakarta (Antara) - Kecemasan atas kemungkinan terjadinya bencana letusan gunung api terburuk di Bali dalam beberapa dekade terakhir telah mendorong lembaga terkait (Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi) mengeluarkan peringatan status Gunung Agung menjadi Awas level IV bulan lalu. Sebagai dampaknya, ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka demi menghindari ancaman bencana letusan gunung berapi.

Dalam usaha untuk mendukung upaya tanggap darurat, Emergency Spatial Support Centre Esri Indonesia telah mengembangkan sebuah portal pemetaan cerdas yang bertujuan untuk memberi pengguna akses terhadap informasi aktual mengenai aktivitas vulkanik di Bali dan dampak potensialnya terhadap masyarakat yang akan terpengaruh.

Portal ini terdiri dari kumpulan aplikasi yang dirancang agar masyarakat tetap mendapat informasi yang akurat dan membantu para firstresponder, Organisasi Non-Pemerintah dan pemerintah daerah setempat yang secara efektif akan menanggulangi bencana yang terjadi di lapangan.

Di antara aplikasi pemetaan yang tersedia di portal, termasuk peta 2D dan 3D yang memberikan tampilan menyeluruh mengenai daerah rawan bencana, tempat-tempat pengungsian, jumlah keluarga pengungsi, lokasi posko evakuasi, tempat penampungan sementara dan fasilitas umum.

"Dengan menggunakan platform ArcGIS, data otoritatif dari lembaga seperti BNPB diintegrasikan dan divisualisasikan pada peta, yang memungkinkan pengguna membuat keputusan yang lebih tepat, yang berpotensi membantu melindungi diri dan keluarga mereka," Dr. A. Istamar, CEO dari Esri Indonesia, menjelaskan.

"Peta di portal juga diperbarui secara real-time untuk membantu para firstresponder melihat infrastruktur penting dan anggota masyarakat yang rentan yang perlu dilindungi. Mereka juga dapat mengidentifikasi dan memprioritaskan ancaman potensial terhadap masyarakat serta mengembangkan rencana evakuasi yang komprehensif," kata Dr. A. Istamar.

Esri Indonesia juga membuat aplikasi crowdsourcing untuk memberdayakan masyarakat berkontribusi memberikan informasi berharga yang dapat membantu pihak berwenang setempat untuk mengkoordinasikan upaya tanggap darurat dengan lebih baik. Informasi yang disampaikan oleh masyarakat kemudian dapat dilihat melalui dashboard Laporan Kondisi Gunung Agung yang bersifat interaktif.

Selain itu, untuk memanfaatkan tingkat penetrasi seluler yang tinggi di negara ini, Esri Indonesia juga telah membuat portal tersedia – dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia - untuk diunduh sebagai aplikasi mobile untuk membantu menjangkau dan melibatkan khalayak yang lebih luas - tidak hanya di Bali, tetapi juga di seluruh dunia. Hal ini akan sangat berguna bagi wisatawan yang sedang merencanakan perjalanan ke Bali.

Emergency Spatial Support Center Esri Indonesia adalah program penanggulangan bencana untuk mendukung instansi pemerintah terkait dengan aplikasi yang diperlukan untuk memfasilitasi tanggap darurat secara efektif dan terkoordinasi.

Aplikasi pemetaan cerdas dapat diakses dan diunduh di http://arcg.is/2gBnQ3K.

Untuk pertanyaan media, hubungi:

Suriati Goh
Media liaison
Esri Indonesia
E-mail: suriati@esriindonesia.com
Tel: +62 21 2940 6355 

Hani Sallim
Media liaison
Esri Singapore
E-mail: shaniati@esrisa.com
Tel: +65 6742 8622

Pewarta: prwire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017