Pengelolaan data hulu yang efektif akan meningkatkan kegiatan eksplorasi dan  investasi ...
Kabupaten Badung, Bali (ANTARA) - Analis Senior Pengelolaan Data Petroleum SKK Migas Adji Arwinda mengatakan,  penggunaan teknologi sistem informasi geografis (GIS) akan berdampak positif bagi industri hulu migas.

"Pengelolaan data hulu yang efektif akan meningkatkan kegiatan eksplorasi dan  investasi yang pada akhirnya meningkatkan produksi minyak dan gas. Muaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi bagi pemerintah dari sektor ini," kata Adji melalui keterangan yang diterima di Kabupaten Badung, Bali

Hal tersebut disampaikannya saat acara penghargaan GeoInnovation Awards 2023 yang diselenggarakan Esri Indonesia di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menkeu: Kebijakan fiskal penting dukung industri hulu migas Indonesia Ia mengatakan upaya yang dilakukan tim manajemen data SKK Migas bersama para stakeholder, termasuk perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dan juga Esri Indonesia sebagai penyedia layanan GIS dan IT bertujuan untuk memastikan terjadinya pertukaran, pengelolaan, dan pemantauan data migas sebagai aset nasional secara terbuka, digital dan bebas hambatan.

"Kami berharap di masa depan tidak ada lagi transfer data secara manual dan data silo yang dapat menghambat kinerja para stakeholder di bidang ini," kata dia.

Ia menjelaskan platform pemetaan berbasis web yang dipilih SKK Migas dan KKKS memungkinkan kedua pihak berkolaborasi dan berbagi wawasan, dengan prioritas pada demokratisasi data untuk memenuhi standar tata kelola, penjaminan mutu, dan pelaporan.

Pada GeoInnovation Awards 2023, SKK Migas sebagai regulator industri hulu migas bersama perusahaan pertambangan batu bara PT Kideco Jaya Agung muncul sebagai dua dari enam penerima penghargaan acara tersebut.

Baca juga: SKK Migas: industri migas butuh investasi 20 miliar dolar AS per tahun Esri Indonesia menyebut penciptaan inovatif SKK Migas berupa sistem geospasial yang saling terhubung sebagai dasar pertukaran data, informasi, dan pengelolaan data guna mendukung eksplorasi dan operasi hulu migas nasional mengantarkan SKK Migas sebagai penerima penghargaan.

Selain itu, SKK Migas juga memainkan peran penting sebagai regulator yang bertugas memantau dan mengawasi bisnis hulu migas di Indonesia, dengan tanggung jawab mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas pada 2030.

Salah satu peran penting yang dijalankan, yakni menampilkan lokasi geografis, dengan mendukung kebijakan satu peta (one map policy) yang dikembangkan Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM (Pusdatin ESDM).

Penghargaan GeoInnovation Awards juga diberikan kepada PT Kideco Jaya Agung, perusahaan pertambangan yang mengelola lahan seluas 47.500 hektare di Kalimantan Timur dan menghasilkan 34,5 juta ton batu bara.

Esri Indonesia menyebut digitalisasi sistem pemantauan lahan yang dikembangkan Kideco memungkinkan manajemen membuat keputusan yang adil dan fair terkait pemberian kompensasi terhadap pemilik lahan.

Selain itu, platform GIS mendigitalkan proses manajemen Kideco, termasuk digitalisasi akses terhadap properti dan mineral, pemantauan dan pelaporan aset, dan memastikan pemenuhan standar kepatuhan terhadap regulasi yang ada.

Baca juga: Sektor hulu migas diyakini masih dibutuhkan pada era transisi energi Kepala Pusat Data dan Informasi Bappenas Agung Indrajit yang tampil sebagai salah satu pembicara utama pada penghargaan tersebut menekankan pentingnya kolaborasi dan berbagi data di era digital modern, terutama dalam persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

“Para pionir digital yang hari ini menerima penghargaan atas solusi mutakhir telah menunjukkan potensi analisis lokasi untuk menemukan jawaban atas tantangan-tantangan yang ada, yang mungkin sulit diselesaikan dengan cara tradisional. Para inovator ini terus memfasilitasi transformasi bangsa dan perekonomian kita sebagai persiapan untuk masa depan,” kata Agung.

Total ada enam penghargaan yang diserahkan kepada para inovator, yakni SKK Migas, PT Kideco, PT PLN (Persero), Telkomsel, Pushidrosal serta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta.

Presiden Direktur Esri Indonesia Leslie Wong mengatakan enam institusi peraih GeoInnovation Awards 2023 itu telah mewakili lembaga pemerintah dan swasta yang berpikiran maju di Indonesia.

"Mereka memanfaatkan kekuatan intelijen lokasi untuk mengatasi tantangan yang kompleks sehingga menghasilkan keputusan bisnis yang tepat dan kebijakan pemerintah yang lebih efisien. Kepemimpinan dan pendekatan mereka menjadi tolok ukur bagi organisasi-organisasi lain baik di dalam maupun di luar Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023