Jakarta (ANTARA News) - Film “A Story of Yonosuke” resmi membuka gelaran tahunan Japanese Film Festival 2017.

Film yang mendapatkan Blue Ribbon Awards, Mainichi Film Award dan Japan Film Professional Award tiga tahun silam itu dibintangi oleh aktor Kora Kengo yang menjadi bintang tamu istimewa festival tahun ini.

"Saya senang bisa membawa film yang saya suka ke negara yang saya suka," kata Kora Kengo, menambahkan Indonesia adalah salah satu tempat yang dikunjungi orangtuanya saat berbulan madu.

Sebagai aktor, ia merasa senang bisa berhubungan dengan banyak pihak di luar Jepang termasuk lewat festival film.

Dia berharap hubungan Indonesia dengan Jepang --terutama soal perfilman-- bisa terus berkembang.

"Melalui sebuah film, kita bisa mengenal kebaikan dari negara yang kita ajak bekerjasama," dia melanjutkan, "Bila saatnya datang, tolong pasangkan saya dengan Chelsea (Islan)," seloroh dia.

Chelsea Islan hadir kembali di Japanese Film Festival 2017 sebagai ambassador untuk kedua kalinya. Ia mengungkapkan kecintaannya pada animasi Jepang yang lama wara-wiri di televisi Indonesia.

"Saya selalu suka menonton Doraemon yang mengenalkan dorayaki dan kebiasaan Maruko Chan bilang "aku pulang", menonton animasi Jepang membuat saya mengenal budayanya," tutur Chelsea yang tampil dengan kimono dalam pembukaan festival.

Direktur Jenderal The Japan Foundation Jakarta, Tsukamoto Norihisa, menambahkan pihaknya punya target mendatangkan 7000 pengunjung untuk festival tahun ini.

“Kami sangat bergembira betapa hangatnya masyarakat Indonesia merespons film-film Jepang tahun lalu,” kata dia, menambahkan tahun ini jumlah film dan kota penayangan pun lebih banyak. 

Festival film ini adalah salah satu upaya mengenalkan budaya Jepang untuk membangun kepercayaan antar negara, imbuh dia. 

“Kami percaya seni audio visual mampu menyampaikan dialog dengan lebih mudah,” 
 
Ia berharap keingintahuan masyarakat Indonesia soal budaya dan kehidupan Jepang dapat terpenuhi lewat 20 film yang ditayangkan dalam festival tahun ini. 

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, berseloroh saat memberi sambutan, “Saya tahu kalian di sini tidak ingin mendengarkan saya, makanya saya bicara singkat saja,” kata dia disambut tawa penonton. 

“Tahun depan adalah tahun spesial bagi kita, Jepang dan Indonesia, yang merayakan 60 tahun persahabatan,” kata dia, berjanji hubungan diplomatik antar dua negara akan makin erat. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017