Jakarta (ANTARA News) - Hasil Survei yang dilakukan Indo Barometer di wilayah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11-15 Oktober 2017 menempatkan Ridwan Kamil pada posisi teratas sebagai sosok pilihan calon gubernur Jawa Barat.

"Pilihan calon gubernur untuk delapan nama dengan pertanyaan tertutup; nama Ridwan Kamil meraih 41.6 persen, Dedi Mulyadi meraih 18.9 persen, Deddy Mizwar meraih 14,2 persen, Dede Yusuf meraih 2.9 persen, Abdullah Gymnastiar meraih 2,4 persen. Sedang yang belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab angka 16.9 persen," kata Direktur eksekutif Indo Barometer M Qodari di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut dijelaskan survei dilakukan terhadap responden sebanyak 800 orang dengan margin of error  3.46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Qodari survei dilakukan untuk mengetahui peta dukungan dan profil calon gubernur dan wakil gubernur 2018 di provinsi Jawa Barat. Survei ini, tambahnya juga memotret isu-isu lokal mengenai permasalahan di Jawa Barat serta beberapa isu nasional yang saat ini ramai dibincangkan.

Sementara dari enam variasi simulasi dengan empat nama yang ditanyakan menggunakan pertanyaan tertutup, pilihan calon gubernur sebagai berikut: urutan pertama selalu diraih Ridwan Kamil.

Dari berbagai variasi yang ada tersebut nama Ridwan Kamil menempati posisi teratas dengan tiga alasan keunggulan.

Pertama, Ridwan Kamil sudah dikenal dan paling disukai.

Adapun lima alasan warga suka pada Ridwan Kamil adalah: merakyat, pintar/cerdas, Wali Kota Bandung, tegas, dan ramah. Sedangkan tiga alasan warga tidak suka: kurang merakyat, sombong, dan kurang paham politik.

Sedangkan lima alasan warga suka pada Dedi Mulyadi adalah: merakyat, tegas, Bupati Purwakarta, sederhana, dan ramah. Sedangkan tiga alasan warga tidak suka: kinerjanya kurang bagus, penampilannya mirip paranormal, dan sombong.

Lima alasan warga suka pada Deddy Mizwar adalah: artis, wakil gubernur, berwibawa, ramah, dan tegas. Sedangkan tiga alasan warga tidak suka: kinerjanya kurang bagus, kurang tegas, dan kurang merakyat.

Lima alasan warga suka pada Abdullah Gymnastiar adalah: dai/ulama, ceramahnya bagus, ramah, berwibawa, dan taat beragama. Sedangkan tiga alasan warga tidak suka: melakukan poligami, tidak suka orangnya, dan kurang paham politik.

Dari survei tersebut Ridwan Kamil unggul dalam evaluasi kepribadian dan kemampuan. Disisi lain, hasil survei juga mendapatkan nama Ridwan Kamil paling sesuai dengan selera (alasan) masyarakat Jawa Barat dalam memilih calon gubernur.

Hasil survei juga menunjukkan lima kandidat dengan tingkat kesukaan tertinggi: urutan pertama Ridwan Kamil dengan 90.1 persen, Dedi Mulyadi dengan 83.1 persen, Abdullah Gymnastiar dengan 79.6 persen, Deddy Mizwar dengan 76 persen, dan Dede Yusuf dengan 75.4 persen.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017