Jakarta (ANTARA News) - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melepas dua varietas baru mangga, Banana Manggo atau mangga Agrigardina dan Avocado Manggo atau mangga gadung.

Menurut siaran pers Balitbangtan, Minggu, pelepasan kedua varietas mangga tersebut dilakukan pada Ekspose Perbenihan dan Sumber daya Genetik Mangga di Kebun Percobaan (KP) Cukur Gondang, Pasuruan, Jawa Timur, selama 3-5 November 2017.

Kepala Puslitbang Hortikultura Balitbangtan Dr. Hardiyanto mengatakan salah satu varietas  disebut Banana Mango karena buahnya berukuran kecil, berwarna kuning kemerahan, harum, manis dan cara makannya dapat dikupas seperti pisang.

Sementara varietas Avocado Mango dinamai demikian tidak lain karena cara membukanya seperti membelah buah alpukat, dengan diiris tengah dan diputar, ukuran buah besar, warna hijau segar serta manis dan pulen.

"Kedua mangga ini akan menjadi primadona baru mangga Indonesia, menyusul harum manis dan gedong gincu yang sudah terkenal di manca negara," katanya.

Selain itu, menurut Hardiyanto, kedua mangga tersebut akan menambah pilihan buah nusantara dan pastinya akan menjadi primadona di Pasuruan dan juga di wilayah lain di Indonesia.

Kegiatan Ekspose Perbenihan dan Sumber daya Genetik Mangga menyajikan banyak hal luar biasa dari keragaman mangga Indonesia dan potensi pengembangannya.

Selain pelepasan varietas, juga ada temu bisnis dengan para pelaku bisnis mangga, pengenalan ratusan aksesi mangga, dan aneka pelatihan pendukung dalam budi daya mangga dalam ajang itu.

Ada juga pengenalan 208 aksesi mangga lokal yang ada di Indonesia, 135 aksesi hasil silangan, serta 104 aksesi dalam tabulamplot. (IWA)

Pewarta: Subagyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017