Setjen MPR : nilai Pancasila menjawab tantangan bangsa

Setjen MPR : nilai Pancasila menjawab tantangan bangsa

Sekjen MPR RI Ma'ruf Cahyono (foto : Humas MPR)

Jakarta (ANTARA News) - Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi salah satu jawaban untuk menghadapi tantangan dan permasalahan bangsa.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa, Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono mengatakan gagasan itu menjadi penting karena tantangan bangsa saat ini semakin kompleks.

Berbicara dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dihadapan para peneliti dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Selasa, Maruf mengatakan kajian akademik sangat diperlukan untuk internalisasi nilai Pancasila sehingga bisa diterima dan dipahami oleh masyarakat.

Menurut dia, hasil penelitian nanti akan berfungsi sebagai masukan bagi peningkatan daya saing dan daya tahan nasional, sekaligus mendorong upaya mencerdaskan masyarakat.

"Saya harap hasil penelitian tidak hanya bagus dalam penulisan laporan tetapi juga mampu masuk dalam ruang bangsa dan kebijakan," katanya.

Dalam acara yang berlangsung di Purwokerto tersebut, Ketua Tim Peneliti Universitas Jenderal Soedirman Prof M Fauzan mengungkapkan bahwa kerja sama peneliti MPR dan Universitas Jenderal Soedirman tentang penguatan sistem Demokrasi Pancasila berlangsung dari Agustus hingga November 2017.

Sedangkan hasil penelitian dibagi dalam tiga topik yakni internasisasi Pancasila dalam Konsep Haluan Negara, aktualisasi Pancasila dalam perumusan peraturan perundang-undangan dan aktualisasi Pancasila dalam perumusan kebijakan ekonomi.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar