counter

Karanganyar dukung pencanangan Hari Bersepeda Nasional

Karanganyar dukung pencanangan Hari Bersepeda Nasional

Ilustrasi bersepeda

Karanganyar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mendukung pencanangan Hari Bersepeda Nasional oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga menyusul program Gowes Pesona Nusantara yang berlangsung di 90 kota dan kabupaten di Indonesia pada 2017.

"Hari Bersepeda Nasional itu akan memacu semangat para pencinta sepeda di daerah karena mereka punya hari khusus yang sekaligus menjadi momentum kebugaran fisik dan produktivitas," kata Bupati Karanganyar Juliyatmono ketika menyambut para peserta program lanjutan Gowes Nusantara di Alun-alun Karanganyar, Minggu.

Juliyatmono mengatakan dukungan terhadap rencana Hari Bersepeda Nasional itu berupa arahan kepada para pegawai di lingkungan Kabupaten Karanganyar untuk menggunakan sepeda ketika bekerja.

"Kami akan meminta para pegawai untuk bersepeda ke kantor setiap tanggal 19 November. Mereka tidak boleh menggunakan sepeda motor atau mobil menuju ke kantor," kata bupati.

Selain para pegawai di Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono akan mengajak masyarakat untuk turut menggunakan sepeda dalam beraktivitas jarak dekat pada 19 November.

"Bersepeda akan semakin memberikan kebugaran fisik bagi masyarakat selain mengurangi polusi udara. Pemerintah akan memulai terlebih dahulu, lalu kami akan mendorong masyarakat untuk turut mengikuti," kata bupati.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan kegiatan lanjutan Gowes Nusantara di Karanganyar itu merupakan bagian dari pencanangan Hari Bersepeda Nasional pada 19 November di Sragen, Jawa Tengah.

"Kami ingin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan berolahraga dengan bersepeda. Hari ulang tahun daerah juga dapat menjadi momentum untuk mengajak masyarakat bersepeda," kata Isnanta.

Kemenpora, lanjut Isnanta, akan melanjutkan program Gowes Pesona Nusantara yang berlangsung di lebih dari 90 kabupaten dan kota di Indonesia sejak Mei hingga November.

"Kami akan melibatkan lebih banyak kota dan kabupaten di Indonesia dari lebih dari 350 kota dan kabupaten. Tapi, program yang sudah berlangsung di sejumlah daerah akan tetap berlangsung," kata Isnanta.

Selain bersepeda, Deputi III Kemenpora juga akan mengajak masyarakat untuk terus berolahraga dengan program Gala Desa, Liga Sepak Bola Pelajar, dan sejumlah program lain.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Imam Nahrawi resmi pamit dari Kemenpora

Komentar