memulai perjalanannya dari Blora, Jawa Tengah pada 16 Juni 2022
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menerima kedatangan peserta Gowes Jelajah Nusantara yang melakukan perjalanan dari Blora, Jawa Tengah dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

“Kegiatan ini untuk memeriahkan HUT ke-77 RI yang bisa menjadi bentuk rasa syukur kita dengan bersepeda," kata Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mahludin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Mahludin menambahkan kegiatan ini bisa mengembalikan semangat Kemerdekaan Indonesia dengan para peserta bersepeda dari Blora sampai tempat akhir (finish) di kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Rumah Bhinneka Tanah Air (RBTI) selaku penyelenggara acara karena telah memilih Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan menjadi tempat akhir (finish) Gowes Jelajah Nusantara.

Sementara itu, Ketua Umum RBTI Greta menjelaskan ada empat pesepeda Gowes Jelajah Nusantara yang memulai perjalanannya dari Blora, Jawa Tengah pada 16 Juni 2022.

Adapun rute keliling dimulai dari keliling 25 kota di Jawa Timur. Saat hari raya Idul Adha, pesepeda diperkenankan untuk  kembali kepada keluarga masing-masing untuk merayakan selama beberapa hari.

Kemudian peserta melanjutkan lagi perjalanan ke Yogyakarta menuju Jawa Barat melalui Bandung, lanjut Puncak dan sampai akhirnya tiba di Kantor Walikota Jakarta Selatan, kata dia.

Greta menambahkan sebelum sampai ke Kantor Walikota, empat pesepeda dari Blora singgah di Gelora Bung Karno Senayan juga berkumpul dengan sejumlah komunitas sepeda dari Jakarta, Bekasi, dan beberapa wilayah lainnya.

Ia  berharap sepeda bisa menjadi alat transportasi alternatif untuk berkendara di jalanan.

“Kegiatan ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, dan digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa sepeda dapat digunakan sebagai alat transportasi,” tuturnya.
Baca juga: Ribuan pecinta sepeda ontel geruduk GBK dalam rangka HUT RI
Baca juga: Promosi Pasar Seni, Polres Jakarta Utara gelar sepeda santai
Baca juga: Pebalap nasional ikut pemecahan Muri bersepeda Jakarta-Semarang 24 jam

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022