Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri sudah sampai di Prancis dari Arab Saudi, Sabtu ini. Dua pekan lalu Hariri mengumumkan mundur dari jabatannya di Saudi yang kemudian menimbulkan spekulasi bahwa pengunduran diri itu bukan atas kemauannya, namun kemauan negara asing (Saudi).

Seorang sumber yang dekat dengan Hariri memastikan bahwa dia sudah mendarat di Prancis setelah terbang tengah malam dari Riyadh. Televisi Lebanon, LBCI, menyiarkan langsung kedatangan Hariri dan istri di kediaman mereka di Paris.

Hariri tengah berbicara lewat telepon saat memasuki rumahnya itu, sedangkan media massa berada di kejauhan dibatasi barikade keamanan.

Seorang sumber di bandara Paris menyebutkan Hariri telah mendarat di Bandara Le Bourget di luar kota Paris, pukul 7 pagi waktu setempat atau 13.00 WIB tadi.

Dia berada di Paris demi memenuhi undangan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang berusaha menjadi penengah untuk mencari solusi atas krisis politik yang memicu ketakutan atas demokrasi yang rapuh di Lebanon.

Hariri dan istri akan bertemu Macron Sabtu siang waktu setempat, atau Sabtu sore WIB nanti.

Pewarta: Antara
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017