Makassar (ANTARA News) - Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup Selaras (Sintalaras) Universitas Negeri Makassar (UNM) menanam sebanyak 2.000 pohon mangrove di pesisir pantai Untia, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kegiatan sosial ini tentunya akan menambah volume Ruang Terbuka Hijau atau RTH di pesisir pantai kampung Untia," kata Ketua Dewan Eksekutif Sintalaras UNM, Ihsan di Makassar, Senin.

Selain menanam pohon, lanjutnya, unit kegiatan mahasiswa pencinta alam UNM ini yang konsentrasi dengan visi misi pendidikan, pelestarian, advokasi dan konservasi lingkungan hidup ini akan membedah film dokumenter tentang perubahan iklim dan pemanasan global.

"Pesertanya tidak hanya kalangan mahasiswa. Tapi ada juga pelajar atau Sispala binaan Sintalaras UNM. Tidak kalah penting juga adalah pelibatan masyarakat pesisir Kampung Untia dan SKPD terkait Pemerintah Kota Makassar," paparnya.

Tidak hanya itu, rangkian kegiatan akan berlangsung selama dua hari 25-26 November 2017 yang diwarnai diskusi tentang seputar mangrove dengan menghadirkan akademisi dan praktisi lingkungan terkait.

Menurut Ihsan, dengan merujuk tema `Satu Pohon Sejuta Asa` terkait penanaman pohon mangrove di bentangan kawasan pesisir pantai kampung nelayan Untia, dinilai sangat penting untuk dijadikan sebuah kebijakan.

Tidak hanya menanam, kata dia, tetapi masyarakat pesisir diajak untuk ikut serta merawat pohon mangrove sebagai tempat berteduhnya ikan dan kepiting termasuk menahan laju ombak agar tidak terjadi abrasi.

"Manfaatnya juga sebagai pemecah angin, dan benteng untuk mencegah abrasi di pesisir pantai. Bahkan sebagai rumah dari populasi burung yang bermain diantara pepohonan mangrove," sebutnya.

Sementara itu Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Makassar Ahmad Yusran mengatakan, upaya menanam dan merawat pohon mangrove merupakan solusi untuk mengedukasi semua pihak akan pentingnya menjaga dan meningkatkan kualitas ruang terbuka hijau sesuai amanat undang-undang.

"Dengan minimnya jumlah RTH di Kota Makassar, menanam pohon mangrove di pesisir pantai akan jadi sumber kehidupan bagi semua makhluk di dalamnya," tambah Dewan Pembina Mapala Sintalaras UNM ini.

(T.M050/H005)

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017