Khucing (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohamad Najib mengapresiasi cara Indonesia dalam mengatasi bencana kabut asap sehingga dalam dua tahun terakhir tidak ada lagi kiriman kabut asap dari Indonesia ke negaranya.

PM Najib menyampaikan rasa terima kasihnya tersebut kepada Presiden Joko Widodo dalam acara Rundingan Tahunan ke-12 Malaysia-Indonesia dalam ulang tahun ke-60 hubungan diplomatik Malaysia-Indonesia yang digelar di Hotel Hilton Kuching, Rabu.

"Saya mau ucapkan terima kasih kepada kerajaan Republik Indonesia. Sudah dua tahun Malaysia tidak alami masalah jerebu," ujar Najib.

Ucapan terima kasih tersebut disampaikan langsung oleh Najib kepada Presiden Jokowi usai melakukan pertemuan baik terbatas maupun bilateral di Hotel Hilton, Kuching, Malaysia.

Menurut Najib, sudah dua tahun ini udara Malaysia terbebas dari jerebu (kabut asap dalam bahasa Malaysia) kiriman dari Indonesia.

"Terima kasih atas perhatian serius Indonesia," kata Najib.

Hadirin yang berada di ruangan tersebut termasuk para pejabat Malaysia pun bertepuk tangan.

Tak adanya kabut asap menjadi kabar baik bagi masyarakat Malaysia sehingga sejak dua tahun lalu dapat menikmati udara bersih yang sehat.

Kabut asap yang selama ini mengganggu mereka disebabkan oleh kiriman kabut asap akibat kebakaran hutan di wilayah Indonesia.

"Ini memberikan kelegaan terhadap rakyat Malaysia, termasuk Sarawak. Cuacanya sudah lega, enaklah," kata Najib.

Presiden Jokowi yang hadir di sisinya pun tersenyum mendengar kabar baik tersebut.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017