Gunung Kidul (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menutup jalan nasional Wonosari-Yogyakarta, tepatnya di Jembatan Bunder, Kecamatan Patuk, sampai batas tidak ditentukan karena terjadi luapan Kali Oya sejajar jalan.

"Kami menutup jalan Wonosari-Yogyakarta sejak 13.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan karena hujan deras masih mengguyur wilayah Gunung Kidul. Air Kali Oya sudah meluap," kata Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Mega Tetuko di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan air dari Kali Oya meluap, jembatan kawasan Hutan Bunder tidak bisa dilewati, baik roda dua dan roda empat.

Bagi pengendara sepeda atau mobil yang akan ke Yogyakarta ke Wonosari bisa melewati Posko JR Patuk belok kanan arah Dlingo-Playen-Simpang Tiga Gading, begitu sebalikanya dari Wonosari ke Yogyakarta.

Mega mengatakan pihaknya tidak bisa memastikan kapan jembatan bisa dilewati. Hal ini dikarenakan debit air masih sangat tinggi. Selain itu, pihaknya tidak bisa memastikan kekuatan dari jembatan.

"Kami akan membuka kembali jembatan Bunder, bila debit air sudah surut. Kami tidak bisa berspekulasi membuka jalan Wonosari-Yogyakarta, khawasan Bunder sebelum air surut. Kami tidak ingin adanya korban jiwa," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017