Jakarta (ANTARA News) - Liverpool menjadi pemimpin Grup E Liga Champions dan berhak lolos ke babak 16 besar berkat kemenangan telak 7-0 atas Spartak Moskow pada pertandingan terakhir fase grup di Stadion Anfield, Kamis waktu Indonesia.

Pertandingan ini menjadi panggung bagi seluruh penyerang Liverpool yang berkontribusi mencetak gol. Philippe Coutinho menyumbang tiga gol, Firmino dan Sadio Mane dua gol, serta Mohamed Salah satu gol.

Liverpool juga menjadi klub Liga Inggris tersubur di Liga Champions musim ini dengan total telah menyarangkan 23 gol dari enam laga fase grup.

Kemenangan ini sekaligus membawa pasukan Juergen Klopp itu melenggang ke babak 16 besar Liga Champions yang menempati urutan teratas grup E dengan dengan 12 poin, unggul tiga angka dari Sevilla di urutan kedua. Sedangkan Spartak yang duduk di posisi tiga akan melanjutkan kiprahnya di Europa League.

Pada jalannya laga, Liverpool langsung menggempur pertahanan Spartak dan mencetak keunggulan melalui tendangan penalti Coutinho menyusul pelanggaran Dzhikiya kepada Mohamed Salah pada menit 4.

Skor berubah menjadi 2-0 saat Firmino menerima bola dari Salah. Pemain asal Brasil itu memiliki ruang untuk melepaskan tembakan, namun ia memberikan bola kepada Coutinho yang mampu menyempurnakan umpan itu menjadi gol pada menit 15.

The Reds menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 setelah Roberto Firmino mencetak gol dengan memanfaatkan kesalahan pemain bertahan Spartak saat mengantisipasi pergerakan Salah.

Liverpool tampil lebih beringas di babak kedua. Sadio Mane langsung menambah keunggulan The Reds menjadi 4-0 saat sentuhan kaki kanannya  membelokkan bola hasil umpan Milner pada menit 47.

Coutinho mencetak hattrick pertamanya untuk Liverpool saat mengoyak gawang Spartak pada menit 50, setelah meneruskan bola dari Milner dalam sebuah serangan balik menggunakan sisi kiri lapangan.

Skor pun bertambah menjadi 6-0 saat pemain pengganti, Daniel Sturridge, mengirimkan bola dari sisi kiri kemudian disambar oleh Mane menjadi gol pada menit 76.

Mohamed Salah mencetak gol ke-18 musim ini setelah menutup pesta gol Liverpool dengan skor 7-0 pada menit 86, demikian UEFA.

Susunan pemain:

Liverpool:
Karius, Gomez, Lovren, Klavan, Moreno, Can, Wijnaldum, Coutinho, Salah, Mane, Firmino
Cadangan: Mignolet, Alexander-Arnold, Milner, Henderson, Oxlade-Chamberlain, Solanke, Sturridge

Spartak: Selikhov, Eschenko, Bocchetti, Tasci, Dzhikiya, Zobnin, Fernando, Glushakov, Promes, Ze Luis, Luis Adriano
Cadangan: Samedov, Meigarejo, Rebrov, Pasalic, Popov, Rocha



Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017