Jakarta (ANTARA News) - Hyundai Motor Company (HMC) dengan PT Artha Mobil Indonesia (AMI) melakukan kesepakatan kerja sama untuk membangun pabrik otomotif bidang commercial vehicle trucks & bus.

Penandatangan dilakukan oleh Iki Wibowo, President Director PT AMI dan Lee In Cheol, Vice President Hyundai Motor Company) di Wisma KBRI Seoul, Korea Selatan, Selasa.

Presdir PT AMI Iki Wibowo menyatakan dari kerja sama tersebut akan dilahirkan produk tipe Truk Xcient dan Mighty dengan kapasitas 2.000 unit per tahun pada tahap awal.

Pabrik Hyundai dan PT AMI itu akan dibangun di kawasan Artha Industrial Hill (AIH), Karawang, Jawa Barat. Fasilitas yang dibangun berupa gedung perakitan kendaraan (assembly vehicle), quality control dan lintasan pengujian (fast track), katanya.

AIH dipilih dikarenakan letaknya yang strategis dan memiliki fasilitas dan infrastruktur yang baik.

Ia menambahkan kerja sama ini sangat penting bagi Indonesia karena HMC merupakan salah satu industri otomotif terbesar ke-5 di dunia. Pada tahap awal, industri ini akan menyerap 500 tenaga kerja.

Dengan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dan makin mempererat kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Korea Selatan khususnya di bidang ekonomi, paparnya.

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017