Jakarta (ANTARA News) - Wakik Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Syafruddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta aksi bela Palestina di lapangan Monas yang berlangsung dengan damai.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta bahwa aksi telah berlangsung damai," kata Wakapolri Komjen Pol Syafruddin saat meninjau aparat kepolisian yang bertugas melakukan pengamanan di lapangan Monas Jakarta, Minggu.

Sebelumnya telah berlangsung aksi damai menentang keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memutuskan Jerusalem sebagai ibukota Israel. Aksi damai yang digagas MUI ini sebagai wujud dukungan moral masyarakat dan bangsa Indonesia kepada Palestina.

Lebih lanjut Wakapolri menegaskan bahwa aksi yang diikuti oleh lebih dari 100 ribu orang ini merupakan yang terbesar di dunia dan berlangsung damai.

"Ini merupakan momentum bangsa Indonesia untuk menunjukkan pada dunia bahwa aksi bela Palestina di Monas ini yang terbesar di dunia," kata Syafruddin.

Wakapolri juga menjelaskan bahwa sebelumnya Presiden Joko Widodo juga dengan tegas menyatakan menolak keputusan Donald Traump dan telah menghadiri KTT luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam di Istambul. Sementara itu Menlu Retno Marsudi juga terus aktif melakukan upaya diplomasi untuk menentang keputusan presiden Amerika tersebut.

"Jadi kalau hari ini umat Islam di Indonesia melakukan aksi di monas ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan pemerintah," kata Wakapolri.

Sebelumnya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma`ruf Amin meminta masyarakat Jakarta tidak perlu khawatir bakal digelarnya Aksi Bela Palestina yang akan dilaksanakan di Monas.

Ma`ruf Amin memastikan bahwa Aksi Bela Palestina esok hari bakal berlangsung secara damai dengan senantiasa menjaga keamanan selama acara berlangsung.

Pewarta: Jaka Sugianta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017