Manado (ANTARA News) - Polda Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi memantapkan kesiapan pengamanan Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018 melalui operasi kepolisian bersandikan `"Lilin-2017 ".

Rapat dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito ini dihadiri Forkopimda Sulut, seluruh pemangku kepentingan, pejabat utama Polda dan para Kapolresta, Kapolres jajaran berlangsung di Manado, Selasa.

Kapolda Bambang Waskito mengatakan Polda Sulut akan menggelar operasi Lilin-2017 selama 10 hari terhitung mulai 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

"Operasi ini akan melibatkan instansi terkait lainnya, dimana Polri akan mengedepankan Satgas Turjawali, Kamseltibcarlantas, Lidik, Sidik dan Satgas Pangan," katanya.

Ia mengatakan beberapa potensi kerawanan yang menjadi atensi Polri dalam menghadapi pengamanan Natal dan Tahun Baru, diantaranya aksi terorisme, kondisi Kamseltibcarlantas, seperti kemacetan dan kondisi jalan.

"Selain itu potensi kejahatan konvensional yang dapat bertambah seiring dengan meningkatnya aktifitas dan kegiatan masyarakat di hari libur nanti," katanya.

Kapolda mengingatkan agar ditingkatkan pengamanan pada tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, bandara, pelabuhan, termasuk kesiapan moda transportasi massa.

Terkait dengan cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini di daerah itu, Kapolda mengingatkan kesiapan dalam menghadapi dan mengantisipasi kondisi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.

Berharap kesiapan instansi lainnya dalam menyongsong Natal dan Tahun Baru, seperti stok BBM, kesiapan jalur, kesiapan pelayanan kesehatan, hingga ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat. 

Pewarta: Jorie M.R. Darondo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017