Jakarta (ANTARA News) - Seorang serdadu Korea Utara membelot ke Korea Selatan hari ini dengan melintasi Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membelah Semenanjung Korea, kata kementerian pertahanan Korea Selatan seperti dikutip AFP.

Serdadu ini menerobos bagian trengah dari perbatasan darat dua Korea tersebut.

Pembelotan itu terjadi satu bulan dari kasus kasus serupa ketika seorang serdadu membelot di Panmunjom, yakni desa gencatan senjata di mana tentara kedua negara saling berhadapan di antara garis pemisah kedua negara.

Saat itu si prajurit pembelot menerebos pos perbatasan dengan memacu kendaraannya kencang-kencang untuk kemudian lari di bawah berondongan tembakan dari rekannya sendiri. Serdadu ini tertembak paling sedikit empat kali.

Dari tayangan video tubuh serdadu yang terluka parah itu ditarik ke daerah aman oleh dua serdadu Korea Selatan yang mengendap-endap mencapai tubuh si pembelot di bagian selatan garis demarkasi.   Prajurit ini dikabarkan selamat di sebuah rumah sakit di Korea Selatan.

Pembelotan yang terjadi hari ini adalah keempat kalinya serdadu Korea Utara melintasi DMZ sepanjang tahun ini.

Serdadu yang membelot hari ini muncul di sebuah pos jaga Kamis pagi dalam suana kabut tebal, lapor kantor berita Yonhap.

Tidak ada peluru yang ditembakkan kepadanya dan tidak ada pergerakan ganjil dari pasukan Korea Utara.




Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017