Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi meminta semua masyarakat mendukung kegiatan Asian Games di 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

"Seperti yang diharapkan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Imam Nahwawi, mari kita semua berperan aktif untuk mensukseskan perhelatan akbar tersebut untuk nama baik Indonesia," ujarnya di Mandailing Natal (Madina), Sumut, Jumat.

Dia mengatakan itu pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXIV Tahun 2017 Tingkat Provinsi Sumut di Kabupaten Madina.

Dalam acara itu, Gubernur Sumut memberikan tali asih kepada para atlet berprestasi dan pembina olahraga terbaik, penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu, serta pemberian CSR Bank Sumut berupa mobil ambulans dan renovasi pembangunan masjid.

Gubernur mengatakan sejak dikeluarkannya Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Menpora "Ayo Berolahraga" diharapkan semua komponen bersama-sama menggerakkan semua lapisan masyarakat untuk aktif melakukan olahraga.

"Selain untuk sehat secara pribadi dan keluarga, olahraga bisa memunculkan atlet-atlet baru yang berprestasi di berbagai ajang pertandingan seperti Asian Games untuk membanggakan Indonesia," kata Erry.

Mengutip pernyataan Menpora Imam Nahrawi, tujuan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah agar masyarakat hidup sehat dengan selalu berolahraga dan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

Budaya olahraga, ujar Menpora bisa dilakukan melalui proses yang berjenjang dari yang terkecil yakni lingkungan keluarga sampai masyarakat.

"Perlu peran serta keluarga melakukan pola hidup sehat serta dukungan aparatur pemerintah dalam menggerakkan dan memfasilitasi dengan memahami pentingnya olahraga sebagai gaya hidup," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017