Banjarmasin (ANTARA News) - Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana memastikan pengamanan di sejumlah gereja maksimal jelang perayaan Natal.

"Saya sudah cek langsung di beberapa gereja serta menerima laporan dari Kapolres jajaran bahwa pengamanan sudah maksimal dan situasi aman kondusif," kata Rachmat di Banjarmasin, Minggu.

Kapolda sendiri mengunjungi dua gereja di Kota Banjarmasin yang jemaatnya paling banyak, yakni Gejera Paroki Katedral di Jalan Lambung Mangkurat dan Gereja Paroki Hati Yesus Yang Maha Kudus di Jalan Veteran, Minggu sore.

Bersama Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, Kapolda mengecek situasi terakhir di gereja sebelum Misa Natal dilaksanakan Minggu malam.

"Kita sudah petakan gereja yang paling banyak jemaatnya, yakni Gejera Paroki Katedral 2.000 sampai 3.000 orang dan Gereja Paroki Hati Yesus Yang Maha Kudus yang diperkirakan hingga 2.000 orang," jelas jenderal bintang satu itu kepada Kantor Berita Antara.

Untuk sterilisasi, ungkap Kapolda, sudah dilakukan Tim Unit K9 Direktorat Sabhara dan Tim Jibom Brimob pada Sabtu (23/12).

"Selama prosesi Misa pun anggota tetap standby dan melakukan pemeriksaan terhadap setiap jemaat yang memasuki gereja, namun tentu tetap dengan sikap yang humanis, sehingga tidak menimbulkan kesan sangar atau justru membuat takut masyarakat," jelas Kapolda.

Kehadiran dirinya dan Danrem dalam patroli bersama itu, tambah Kapolda, adalah wujud sinergitas antara TNI dan Polri.

"Jika TNI dan Polri solid, NKRI akan aman dan masyarakat pun jadi nyaman dan merasa terlindungi atas kehadiran kami," tutur Rachmat.

Selain mengunjungi gereja, Kapolda yang turut didampingi Wakapolda Kombes Pol Nasri dan seluruh pejabat utama Polda yang terlibat dalam Operasi Lilin Intan 2017 serta Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana.

Rombongan juga mendatangi Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Ops Lilin Intan. Di antaranya Pos Pengamanan di Duta Mall Banjarmasin, Pos Pengamanan di Lambung Mangkurat serta Pos Pelayanan di perempatan Jenderal Sudirman.

Pada kesempatan itu, Kapolda dan juga Danrem memberikan bingkisan kepada petugas jaga pos yang di dalamnya terdiri dari anggota Polri, TNI dan Saka Bhayangkara.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017