Makassar (ANTARA News) - Pelaksanaan Ibadah malam Misa Natal di beberapa gereja besar berlangsung aman dan damai, bahkan Forum Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan juga melakukan peninjauan di sejumah gereja di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu malam.

Pada kesempatan itu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bersama rombongan Muspida seperti Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kapolrestabes Makassar Kombes Anwar Arifin dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengujungi Gereja Kartedral Makassar.

"Kami berharap ibadah malam misa natal berjalan aman dan lancar tanpa ada ganguan. Kunjungan ini untuk memastikan keadaan aman dan Makassar, Sulawesi Selatan kondusif," tutur Syahrul kepada wartawan seusai keluar dari gereja setempat.

Sementara Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono kepada wartawan mengatakan pihaknya menerjunkan personil dan bertugas menjaga kemanan demi kelancaran ibadah malam misa dan rangkaian perayaan natal tahun ini.

"Personil sengaja diturunkan untuk menjaga keamananan. Harapannya semua berjalan lancar dan aman tidak ada ganguan yang menggangu jalannya ibadah," katanya.

Selain itu, tambah Kapolda kewaspadaan ekstra tetap dilakukan agar tidak ada pihak lain ingin mengacaukan ibadah Misa dan rangkaian perayaan natal. Dirinya juga menyampaikan imbauan kepada umat agar tidak mudah terprovokasi hal-hal yang mencurigakan tanpa ada pembuktian.

Sedangkan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti pada kesempatan itu menuturkan TNI bersama Polri diwajibkan menjaga keberlansungan ibadah hingga rangkaian perayaan Natal.

"Tadi kita mulai di Gereja Emanuel kemudian bergerak meninjau ke Gereja Katedral sejumlah gereja dan kita mulai dari Gereja Katedral jalan Kajaolalido selanjutnya mengunjungi Gereja lainnya," papar dia.

Meski saat kunjungan itu disambut hujan lebat, namun antusias pejabat daerah Sulsel ini tetap semangat di penghujung rangkaian ibadah Misa pada Gereja tertua di Makassar itu. Usai mengunjungi Gereja setempat rombongan menumpang bus ini melanjutkan kunjungan ke gereja lainnya.

Dari pantauan pelaksanaan Misa malam Natal di Gereja Katedral Makassar Kebaktian malam Natal di GPIB Immanuel di jalan Balaikota, berlangsung aman dan lancar. Sejumlah anggota kepolisian terlihat melakukan penjagaan di sekitar gereja dengan dibekali senjata lengkap.

Pengamanan di Katedral Makassar dilakukan oleh gabungan personil Satuan Gegana Brimob Polda Sulsel ditambah pengamanan dari anggota Kepolisian Resort Kota Besar (Polretabes) Makassar serta TNI AD dan TNI AL.

Para personil gabungan ini telah berjaga-jaga sejak pukul 15.30 WITA dengan melakukan pemeriksaan di luar dan bagian dalam gereja. Bahkan sebelumnya personil Brimob penjinak bom menyisir gereja setempat guna memastikan pelaksanaan ibadah. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan pada barang bawaan jemaat dan kendaraan yang masuk.

Pengamanan ekstra ini dilaksanakan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada Jemaat yang sedang menjalankan malam Misa Natal.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017