Bandung (ANTARA News) - Malam pergantian tahun baru kali ini, pemerintah Kota Bandung akan menggelar malam tanpa kendaraan bermotor di tiga lokasi berbeda. 

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, tiga lokasi penyelenggaraan tahun baru berada di Jalan Asia Afrika, Alun-alun Ujung Berung, dan Alun-alun Cicendo. Tiga tempat tersebut mewakili setiap daerah di Kota Bandung.

"Sehingga tidak terpusat semua ke tengah, jadi terbagi ada yang barat, tengah dan timur. Insya Allah kita rayakan dengan kegembiraan dan juga kontempelasi, muhasabah di akhir tahun," ujar Kamil, di Bandung, Rabu

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, mereka tidak akan menggelar pesta kembang api, hanya perayaan biasa yang dibalut dengan kegiatan hari bebas kendaraan pada malam hari.

Akan tetapi, ia akan menyambut baik jika ada pihak yang ingin berpartisipasi menyiapkan pesta kembang api saat perayaan tahun baru tersebut.

"Saya kira tidak ada, artinya tidak resmi dari kami. Tapi kalau ada pihak lain yang mau berpartisipasi ya silakan. Kalau dari kami, pemerintahan kota, tidak ada anggaran," katanya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum maupun sepeda saat akan merayakan pergantian tahun. Hal ini untuk menghindari kemacetan yang biasa terjadi saat tahun baru.

"Di mana-mana kalau ada keramaian, saran saya hindari naik kendaraan pribadi kalau bisa berkelompok semobil banyak kalau bisa berjalan kaki bersepeda. Insya Allah dengan cara begitu kota ini sangat mudah dinikmati tanpa merepotkan diri sendiri," katanya. 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017